PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA SEPEDA FIXIE DI BENGKEL DJ SEPEDA KOTA BANDUNG)

Nadhia Ainun

Abstract


Sepeda yang saat ini digemari oleh remaja salah satunya adalah sepeda Fixie. Sepeda Fixie tidakmempunyai lilitan kabel layaknya sepeda masa kini. Menyadari adanya fenomena sekarang ini yaitu Global Warming, Bengkel DJ Sepeda adalah salah satu yang menyediakan jasa sepeda di Badnung. promosi yang dilakukannya adalah dengan menggunakan sord of mouth marketing. Namun,WOM belum mampu mendorong keputusan pembelian konsumen. Hal ini dikarenakan karena kurang efektifnya opinion leader dan kurangnya persediaan sparepart sepeda Fixie di Bengkel DJ Sepeda.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Verifikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada konsumen bengkel DJ Sepeda sebagai sampel. Teknik pengambilan sampe menggunakan non probability sampling. Kesimpulan menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antara word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian.

 

 


Keywords


word of mouth marketing dan Keputusan pembelian

References


Buchori Alma. (2008).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2008.Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:Bina Aksara

Kotler and Kevin lane keller.2012.principles of Marketing Management.united states:person Education

Sernovitz, Andy. (2009). Word of mouth Marketing. New York:Kaplan Inc

Sciffman,Leon.G.and Kanuk.2004.Perilaku konsumen.terjemahan Zulkifi Kasip.Edisi Ketujuh.Jakarta:PT.Indeks Kelompok Gramedia

Rosen, Emanuel., (2002). The Anatomy of Buzz: How Creating Word of mouth Marketing. New York; Currency

Sernoviz.Andy.(2012)â€The Three Reason People Talk About Youâ€New York:Kaplan Inc

Zeithnal,Valarie A. And Mary J. Bitner.2001.Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm.New York:Mc Graw-Hill

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011) Principles of Marketing. 10th Edition / International Edition. New Jersey:Pretince Hall

Kotler, Philip & Keller.(2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pretince Hall

Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J. (2006). Business, 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall

Safia Khalid,Mirza Ashfaq Ahmed,Zahoor Ahmad.(2013). Word-of-Mouth Communications: A Powerful contributor to Consumers Decision-making in Healthcare Market. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online).

Kawee Boonlertvanich. (2009). Journal Consumer Buying and Decision Making Behaviour of a Digital Camera in Thailand. RU. Int vol. 3(1)

Doney and Cannon.( 1997). International Journal of Business and Management Invention ISSN. File, Cermark, and Prince




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.359

Flag Counter   Â