PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA SEPEDA FIXIE DI BENGKEL DJ SEPEDA KOTA BANDUNG)
Abstract
Sepeda yang saat ini digemari oleh remaja salah satunya adalah sepeda Fixie. Sepeda Fixie tidakmempunyai lilitan kabel layaknya sepeda masa kini. Menyadari adanya fenomena sekarang ini yaitu Global Warming, Bengkel DJ Sepeda adalah salah satu yang menyediakan jasa sepeda di Badnung. promosi yang dilakukannya adalah dengan menggunakan sord of mouth marketing. Namun,WOM belum mampu mendorong keputusan pembelian konsumen. Hal ini dikarenakan karena kurang efektifnya opinion leader dan kurangnya persediaan sparepart sepeda Fixie di Bengkel DJ Sepeda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Verifikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada konsumen bengkel DJ Sepeda sebagai sampel. Teknik pengambilan sampe menggunakan non probability sampling. Kesimpulan menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antara word of mouth marketing terhadap keputusan pembelian.
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buchori Alma. (2008).Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung:Alfabeta
Sugiyono.2008.Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:Bina Aksara
Kotler and Kevin lane keller.2012.principles of Marketing Management.united states:person Education
Sernovitz, Andy. (2009). Word of mouth Marketing. New York:Kaplan Inc
Sciffman,Leon.G.and Kanuk.2004.Perilaku konsumen.terjemahan Zulkifi Kasip.Edisi Ketujuh.Jakarta:PT.Indeks Kelompok Gramedia
Rosen, Emanuel., (2002). The Anatomy of Buzz: How Creating Word of mouth Marketing. New York; Currency
Sernoviz.Andy.(2012)â€The Three Reason People Talk About Youâ€New York:Kaplan Inc
Zeithnal,Valarie A. And Mary J. Bitner.2001.Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm.New York:Mc Graw-Hill
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011) Principles of Marketing. 10th Edition / International Edition. New Jersey:Pretince Hall
Kotler, Philip & Keller.(2012). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pretince Hall
Griffin, Ricky W., and Ebert, Ronald J. (2006). Business, 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall
Safia Khalid,Mirza Ashfaq Ahmed,Zahoor Ahmad.(2013). Word-of-Mouth Communications: A Powerful contributor to Consumers Decision-making in Healthcare Market. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online).
Kawee Boonlertvanich. (2009). Journal Consumer Buying and Decision Making Behaviour of a Digital Camera in Thailand. RU. Int vol. 3(1)
Doney and Cannon.( 1997). International Journal of Business and Management Invention ISSN. File, Cermark, and Prince
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.359
  Â