Analisis Pengendalian Kualitas Pelayanan Jasa dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan

Muhammad Alfarizi, Tasya Aspiranti, Cici Cintyawati

Abstract


Abstract. This study aims to determine and analyze the quality control of car wash in New Kartika Bandung by using the Quality Function Deployment (QFD) method. The type of research is descriptive quantitative, namely research data using calculations based on the distribution of questionnaires (questionnaire) by presenting it in tabular form which is described with tables to conclude from the statements so that they can be understood clearly. And the research method is the case study method, namely the research conducted focused on a particular case to be observed and analyzed. This study's data collection techniques were observation, interviews, and documentation to obtain data from New Kartika. The results of this study indicate that after using the House of Quality in the Quality Function Deployment (QFD) method, the main priority based on the results of target prioritization, which New Kartika should pay attention to is the equipment used for washing to provide the best washing quality.

Keywords: Quality Function Deployment (QFD), House of Quality, Service.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian kualitas Pelayanan jasa cuci mobil di New Kartika Bandung dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian data dengan menggunakan perhitungan berdasarkan penyebaran kuesioner (angket) dengan menyajikan dalam bentuk tabulasi yang diuraikan dengan tabel-tabel sehingga dapat ditarik kesimpulan dari pernyataan sehingga dapat dipahami dengan jelas. Dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, yaitu penelitian yang terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentas untuk mendapatkan data-data dari New Kartika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan House of Quality  dalam metode Quality Function Deployment (QFD), prioritas utama berdasarkan hasil penentuan prioritas target, yang harus menjadi perhatian New Kartika adalah peralatan yang digunakan untuk mencuci guna memberikan kualitas cuci terbaik.   

Kata Kunci: Quality Function  Deployment (QFD), House of Quality, Jasa.


Keywords


Quality Function Deployment (QFD), House of Quality, Jasa.

Full Text:

PDF

References


Isawega, N. (2019). Analisa Kualitas Produk Songkok Dengan Menggunakan Model Kano Dan Metode Quality Function Deployment.

Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan (3 Ed.). Jakarta: Pt Raja Grafindo.

Azizah, I. N., Lestari, R., & Purba, H. H. (2018). Penerapan Metode Quality Function Deploymentdalam Memenuhi Kepuasan Konsumen Pada Industri Komponen Otomotif. Jurnal Teknik Industri, Vol. 19, No. 2, 127-136.

Irwan, & Haryono. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik . Bandung: Alfabeta.

Haris Maulana, S. (2018). Pengembangan Produk Meja Sablon Semiotomatis Dengan Menggunakan Metode Qfd. Jurnal Tecnoscienza Vol.2 No.2, 20-41.

Bakri , M. D., Mansur, A. Z., & Bunga, S. (2020). Analisis Kinerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tengkayu Ii Tarakan. Jurnal Teknik Sipil, 204-2015.

Rembulan, G. D., Wijaya, T., Ruslie, A., Jordy, Saputra, R. A., & Sunadynatha. (2021). Menentukan Prioritas Perbaikan Pengembangan. Digismantech, Vol.1, No.1, 46-59.

Maritan, D. (2015). Practical Manual Of Quality Function Deployment. Verona: Springer.

Pratista, Alvin Cakra. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Jabar Banten Syariah Cabang Bandung. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28634

Flag Counter   Â