Analisis Perbandingan Risiko Portofolio dengan Model Markowitz di Negara - Negara Asean Kasus COVID-19 Tertinggi (Studi Kasus pada 15 Saham-Saham Terlikuid Indonesia (LQ45), Philiphina(PSE), dan Singapura(STI) Periode April–Agustus 2020)

Nuke Putri Cahyatri, Azib Azib

Abstract


Abstrak.This study aims to determine the differences in the risks of each country in ASEAN, especially those affected by the highest covid-19 cases. namely the Philippines, Indonesia and Singapore using the Markowitz model during the April-August 2020 period. The fertilizer of this study is 15 liquid stocks from companies LQ45, PSE and STI. By using purposive random sampling technique. The statistical test used is the Mann-Whitney test to see if there is a difference or not in every risk of the three ASEAN countries. The results obtained were that there was no difference in risk in the Philippines, Indonesia and Singapore in the April-August 2020 period.

Keywords: portfolio risk, Markowitz model, covid-19 in ASEAN countries.

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Risiko dari masing-masing Negara yang ada di ASEAN khusunya yang terkena kasus covid-19 tertinggi.yaitu Negara philipina, Indonesia dan singapura dengan menggunakan model Markowitz selama periode april-agustus 2020. Pupulasi dari penelitian iniyaitu 15 saham yang terlikuid dari perusahaan LQ45, PSE dan STI.Dengan menggunakan teknik purposive random sampling.Uji statistic yang diguanakn yaitu uji mann-whitney untuk melihat ada perbedaan atau tidak pada setiap risiko dari ketiga Negara ASEAN tersebut.Hasil yang diperoleh yaitu tidak terdapat perbedaan risiko di Negara philipina, Indonesia dan singapura pada periode april-agustus 2020.

Kata kunci : risiko portofolio, model Markowitz , covid-19 di Negara ASEAN.


Keywords


risiko portofolio, model Markowitz , covid-19 di Negara ASEAN

Full Text:

PDF

References


Brigham, Houston, 2009. Fundamental Of Finacial Management (Dasar-dasar Manajemen Keuangan) , Jakarta. Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin, Hendy M. 2006.Pasar Modal Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irhamdan Y, Hadi. 2011. Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Bandung: Alfabeta

Jogiyanto, Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh. Yogyakarta,:BPFE.

Markowitz, Harry, Michael R.Tobin and A. Lintner. 1967. Portfolio Selection. Journal of Finance and Accounting, pp 111-123.

Sudana, IM. 2009. Manajemen Keuangan: Teori Dan Praktik. Cetakan Pertama. Surabaya: Airlangga University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, deskriptif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Widanaputra dan ekasantari. .2015.Perbandingan return dan risiko kandidat dan non kandidat portofolio optimal (studi pada saham-saham indeks lq 45). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10.340-353




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27107

Flag Counter   Â