Analisis Perbandingan Portofolio Optimal Saham dengan Menggunakan Metode Constant Correlation Model, Single Index Model, dan Markowitz Model (Studi Kasus Pada Saham yang Terdaftar Di Indeks LQ45 Selama Masa Pandemi COVID-19)

Dina Reidina Risdiani, H Azib

Abstract


Abstract. An optimal portfolio is a way that an investor should do to minimize a risk in investing to a minimum or what can be called a portfolio where investors choose from a number of efficient portfolios according to the character of the investor. The purpose of this study is to determine which stocks can form an optimal portfolio using the Constant Correlation Model, Single Index Model and Markowitz Model, to determine the level of return and risk that is formed and to perform different tests. The population in this study were companies listed in the LQ 45 Index during the Covid-19 pandemic. Sampling was done by using purposive sampling criteria. Companies that were consecutively included in the study period were 37 sample companies. The data analysis technique used Paired Test and Levene's test using SPSS 23. The results of different tests on the value of return and risk using the Constant Correlation Model, the Single Index Model and the Markowitz Model were not significant differences.

Keywords: Optimal Portfolio, Constant Correlation Model, Single Index Model and Markowitz Model

Abstrak. Portofolio yang optimal merupakan suatu cara yang harus dilakukan oleh seorang investor untuk meminimalisir risiko dalam berinvestasi seminimal mungkin atau disebut portofolio dimana investor memilih dari sejumlah portofolio yang efisien sesuai dengan karakter investor tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saham mana saja yang dapat membentuk portofolio optimal dengan menggunakan Constant Correlation Model, Single Index Model, dan Markowitz Model, untuk mengetahui tingkat pengembalian dan risiko yang terbentuk serta melakukan pengujian yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ 45 saat terjadi pandemi Covid-19. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kriteria purposive sampling. Perusahaan yang secara berturut-turut diikutsertakan dalam periode penelitian sebanyak 37 perusahaan sampel. Teknik analisis data menggunakan Paired Test dan Levene's test dengan bantuan SPSS 23. Hasil pengujian perbedaan nilai return dan risiko dengan menggunakan Constant Correlation Model, Single Index Model dan Markowitz Model tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Optimal Portfolio, Constant Correlation Model, Single Index Model and Markowitz Model


Keywords


Optimal Portfolio, Constant Correlation Model, Single Index Model and Markowitz Model

Full Text:

PDF

References


Faaza Fakhrunnas, Dosen Analisis Investasi dan Asuransi Islam, Prodi Ekonomi Pembangunan, FBE UII https://fecon.uii.ac.id/blog/2020/08/01/investasi-sebelum-dan-sesudah-pandemi-covid-19-bagaimana-pengaruhnya/

Eko, Umanto. 2008. Analisis dan Penilaian Kinerja Porofolio Optimal Saham-Saham LQ-45, Jurnal Administrasi dan Organisasi, Vol 15, No. 3, September-Desember. Pp 178-187.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Suryanto, 2013. Perbandingan Kinerja Portofolio Saham Optimal Yang Dibentuk Dengan

Menggunakan Model Indeks Tunggal Dan Model Korelasi Konstan Pada Indeks PEFINDO25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27089

Flag Counter   Â