Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen Akhir Produk Opak Oded di Kecamatan Conggeang Sumedang)

Halimi Sudrajat, Dede R. Oktini, Septiana Estri

Abstract


Abstract-This study aims to determine the efforts of Opak Oded in increasing brand equity, to determine the brand equity of Opak Oded, to determine the purchasing decision of Opak Oded, to determine the effect of brand equity on purchasing decisions of Opak Oded. This research activity was carried out at Opak Oded in Conggeang Sumedang District. The research method used is a survey method. This type of research carried out is quantitative verification. The sampling technique used is non-probability incidental sampling. The sample in this study were 100 respondents who had bought Opak oded in Conggeang Sumedang District. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis method used is simple linear regression analysis with the aim of knowing the data analysis used by the independent variable and the dependent variable. The results of this test state that the brand equity variable partially has a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Brand Equity, Purchase decision

Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Opak Oded dalam meningkatkan ekuitas merek, untuk mengetahui ekuitas merek Opak Oded, untuk mengetahui keputusan pembelian Opak Oded, untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Opak Oded. Kegiatan penelitian ini dilakukan Pada Opak Oded di Kecamatan Conggeang Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat kuantitatif verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang yang digunakan adalah non probability incidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli Opak oded di Kecamatan Conggeang Sumedang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan tujuan untuk mengetahui analisa data yang digunakan variabel independen dengan variabel dependen. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel ekuitas merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci: Ekuitas Merek, Keputusan pembelian


Keywords


Ekuitas Merek, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2020). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Rangkuti, F. (2018). The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip; Keller, Kevin Kane;. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip; Armstrong, Gary; Opresnik, Marc Oliver;. (2018). Principles of Marketing 17e Global Edition. Harlow: Pearson Education Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27040

Flag Counter   Â