Sistem Antrian Loket Pada PT Biofit Health Centre Bandung

Indra Setia Permana, Eka Tresna Gumilar, Muhardi Muhardi

Abstract


Abstract. This study aims to discuss how the queuing system at PT. Biofit Health Center Bandung. The research method used in this research is descriptive. Data collection was carried out through literature studies and field observations which were carried out on 3-7 August 2020. The results showed that the queuing system used was a single-phase multi-channel using two counters. Service queue time at PT. Biofit Health Center Bandung is 9.9 minutes away. This shows that the level of customer aspirations is in the satisfactory category. Therefore it can be concluded that the queuing system is running effectively and efficiently. To improve the quality of service, the creation of a registration queue application and an agreement is required

Keywords: queuing system, single-phase multi-channel

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana sistem antrian pada PT. Biofit Health Center Bandung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literature dan observasi lapangan yang dilaksanakan pada 3-7 Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian yang digunakan adalah multi channel single phase  dengan menggunakan 2 loket. Waktu antrian pelayanan di PT. Biofit Health Center Bandung adalah 9.9 menit. Ini menunjukkan bahwa tingkat aspirasi pelanggan berada pada kategori memuaskan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem antrian berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk peningkatan kualitas layanan, pembuatan aplikasi antrian pendaftaran dan perjanjian diperlukan.

Kata Kunci: Sistem Antrian, multi channel single phase


Keywords


Sistem Antrian, multi channel single phase

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Aritonang, M. Dan Sulistianingsih, E. 2015. Analisis Antrian Multi Channel Multi Phase Pada Antrian Pembuatan Surat Izin Mengemudi Dengan Model Antrian (M/M/C) : (Gd/∞/∞). Buletin Ilmiah Mat, Stat, Dan Terapannya, 04(2), Hal. 127–134

Arum, R. P., Sugito Dan Wilandari, Y. 2014. Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah Bank X Kantor Wilayah Semarang. Jurnal Gaussian, 3(4), Hal. 791–800. Doi: 10.1007/S11139-020-00300-Y.

Bahar, S., Mananohas, M. L. Dan Montolalu, C. 2018. Model Sistem Antrian Dengan Menggunakan Pola Kedatangan Dan Pola Pelayanan Pemohon Sim Di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi Sim Resort Kepolisian Manado.â€Jurnal Matematika dan Aplikasi D’cartesian, 7(1), Hal. 15. Doi: 10.35799/Dc.7.1.2018.19549.

Bustani, N. M., Rattu, A. J. Dan Saerang, J. S. M. 2015. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal E-Biomedik, 3(3). Doi: 10.35790/Ebm.3.3.2015.10456.

Handoko, T. H. 2015. Dasar - Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta.

Heizer, J. Dan Render, B. 2015. Manajemen Operasi: Keberlangsungan Dan Rantai Pasokan. 11th Ed. Diedit Oleh S. Empat. Jakarta.

Nengsih, M. K. Dan Yustanti, N. V. 2015. Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Padmalalita Muntilan, Management Insight, 12(1), Hal. 68–78.

Siswanto. 2007. Operation Research. Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Usman, R., Jaya, A. I. Dan Lusiyanti, D. 2019. Analisis Model Antrian Multiple Channel Multiple Phase Service Dalam Proses Pembuatan Kartu Mahasiswa (Ktm) Pada Bank Bni Untad. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 16(1), Hal. 13–22. Doi: 10.22487/2540766x.2019.V16.I1.12733

Widiantono, E. Dan Sukmono, T. 2018. Analisis Antrian Service Motor Di Dealer Resmi Honda. Prozima (Productivity, Optimization And Manufacturing System Engineering), 1(2), Hal. 99. Doi: 10.21070/Prozima.V1i2.1297.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26583

Flag Counter   Â