Pengaruh Kinerja Keuangan, Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan

Intan Yulianti Rohman, Lasmanah Lasmanah, Eneng Nurhasanah

Abstract


Abstrak - Financial management is management that links acquisitions, expenditures or financings, and asset management to the company's overall goals. The aim of this study was to determine financial performance, good corporate governance and company value in the food and beverage sector listed on the Indonesian stock exchange. The population in this study consisted of companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2014-2018. This type of research is associated with a total population of 31 companies in the food and beverage subsector. The sampling technique used a targeted sample with a sample size of 7 companies. The test results show that there is a simultaneous influence between financial performance (ROA) and good corporate governance mechanisms (management and institutional ownership) on company value (Tobin'sQ). Financial performance in relation to enterprise value shows in part that financial performance and ownership of management do not affect enterprise value. In contrast to the good corporate governance mechanism, which is measured on the basis of institutional responsibility, this has an impact on company value. The financial performance (ROA), good corporate governance mechanisms (management ownership and institutional ownership) on the company value (firm value) also have an effect on the company value.

Keywords: financial performance, corporate governance mechanism, company value

Abstrak— Manajemen keuangan adalah manajemen yang menghubungkan akuisisi, pengeluaran atau pembiayaan, dan manajemen aset dengan tujuan keseluruhan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan, tata kelola perusahaan yang baik dan nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini dari tahun 2014 hingga 2018 adalah perusahaan-perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini dikaitkan dengan populasi sebanyak 31 perusahaan pada subsektor makanan dan minuman. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel yang ditargetkan dengan jumlah sampel 7 perusahaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara kinerja keuangan (ROA) dan mekanisme tata kelola perusahaan yang baik (manajemen dan kepemilikan institusional) terhadap nilai perusahaan (Tobin'sQ). Kinerja keuangan dalam kaitannya dengan nilai perusahaan sebagian menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan kepemilikan manajemen tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Berbeda dengan mekanisme good corporate governance yang diukur dengan tanggung jawab institusional, hal ini berdampak pada nilai perusahaan. Kinerja keuangan (ROA), mekanisme tata kelola perusahaan yang baik (kepemilikan manajemen dan kepemilikan institusional) terhadap nilai perusahaan (nilai perusahaan) juga berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Berdasarkan fenomena tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kinerja keuangan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2014-2018? (2) Bagaimana mekanisme good corporate governance sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2014-2018? (3) Berapa nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2014-2018? (4) Adakah pengaruh kinerja keuangan dan mekanisme tata kelola yang baik terhadap nilai perusahaan di sektor makanan dan minuman yang secara simultan dan parsial tercatat di BEI 2014-2018?

Peneliti menggunakan teknik analisis asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini terdiri dari 31 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan menggunakan teknik sampling yaitu target sampling, sebanyak 7 perusahaan makanan dan minuman tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kinerja keuangan tidak berpengaruh material terhadap nilai perusahaan. (2) Properti manajemen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Kinerja keuangan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional semuanya mempengaruhi nilai perusahaan pada saat yang bersamaan.

Kata Kunci - Kinerja Keuangan, Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan


Keywords


kinerja keuangan, mekanisme good corporate governance, nilai perusahaan

Full Text:

PDF

References


Corporate Governance : Tata Kelola Perusahaan yang Sehat, Jakarta : Damar Media Pustaka.

Agoes. (2011). Etika Bisnis dan Profesi. jakarta: Salemba Empat.

Agoes, Sukrisno, & Cenik, I. A. (2009). Etika Bisnis dan Profesi. City: Salemba Empat

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ary, N. L., & M. R. (2018). E-Jurnal Manajemen Unud. Pengaruh Kepemilikan

Manajerial,Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Biaya

Keagenan pada Perusahaan Manufaktur, Volume 7. Nomor 2.

Hamadi. (2016). Good Corporate Governance :Tinjauan Etika dalam Praktik bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kurniasari, & Rahmah. (2014). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Mengadopsi IFRS(International Financial Reporting Standard) pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

Munawir, S. (2012). Analisis Informasi Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan:Teori, Aplikasi, & Hasil penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutedi, A. (2011). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Syafitri, T. d. (2018). Pengaruh Good Corporate Governanceterhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB,), Vol. 56.No. 1.Hal.-.

Widyawati, E. d. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan

Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi , Vol. 4 No. 4 .




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24581

Flag Counter   Â