Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) untuk Meminimumkan Produk Gagal Pada Sari Good Bakery

Galang Andriyanta, Tasya Aspiranti, Rabiatul Adwiyah

Abstract


Abstract— Quality Control is an activity to maintain the quality of the company's products and services can be maintained as planned by the perussahaan. Quality Control conducted by the company to minimize failed products is to use statistical quality control (SQC) method so that the company can meet the quality standards of the product that has been set by the company and also get consumer satisfaction to consume products marketed by the company. The goal that will be achieved in this study is to control the quality of products using statistical quality control (SQC) method assisted by using quality control tools implemented by Sari Good Bakery company in quality control to minimize product failure. data collection used is field research and research while the data analysis tools used by the control tools Quality control on Sari Good Bakery because the number of products that fail is still within reasonable limits located between Upper Control Limit (UCL) and Lower Control Limit (LCL). 

Keywords: quality control and Statistical Quality Control (SQC)

Abstrak— Quality Control adalah suatu kegiatan untuk mempertahankan kualitas produk dan jasa perusahaan dapat dipertahankan seperti yang direncanakan oleh perussahaan tersebut. Quality Control yang dilakukan oleh perusahaan untuk meminimalkan produk gagal yaitu menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) sehingga perusahaan itu dapat memenuhi standar kualitas produk yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut dan juga mendapatkan kepuasan konsumen untuk mengkonsumsi produk yang dipasarkan perusahaan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengendalikan kualitas produk menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) yang dibantu menggunakan alat bantu pengendalian kualitas yang diterapkan perusahaan Sari Good Bakery dalam kontrol kualitas untuk meminimalkan produk gagal. pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian dan penelitian lapangan sedangkan alat analisis data yang digunakan alat bantu pengendalian. Kontrol kualitas pada Sari Good Bakery karena jumlah produk yang gagal masih dalam batas-batas wajar terletak antara Batas kendali atas (UCL) dan Batas kendali bawah (LCL).

Kata Kunci: pengendalian kualitas dan Pengendalian Kualitas Statistik (SQC).


Keywords


pengendalian kualitas dan Pengendalian Kualitas Statistik (SQC).

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Heizer, Jay and Render Barry, (2015), Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta.

Irwan dan Didi Haryono. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta.

Reid, R. Dan, dan Nada R. Sanders. (2015). Operation Management: An Integrated Approach (fifth edition ed.) Singapore: Wiley International Edition.

Swink, M., Melnyk, S. A., Cooper, M. & Hartley, J. L., (2015). Managing Operations Accros The Supply Chain. 2th edition. Americas, New York, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24411

Flag Counter   Â