Analisis Pengendalian Kualitas Produk Sepatu dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Meningkatkan Kualitas di PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung (Geoff Max)

Dewi Setiawati, Tasya Aspiranti, Asni Mustika Rani

Abstract


Abstract— This study aims to determine and analyze the control and improve the quality of shoe products at PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung by using the Quality Function Deployment (QFD) method. This type of research used in this research is descriptive quantitative, namely research data using calculations based on the distribution of questionnaires by presenting in the form of tabulations outlined in tables to conclude from statements so that they can be clearly understood. And the research method used in this research is the case study method, which is the research carried out focused on a particular case to be observed and analyzed. Data collection techniques used in this study were interviews to get data from PT. Geoff Maximum Jaya Bandung. The results of this study indicate that after using the House of Quality in the Quality Function Deployment (QFD) method, the main priority is based on the results of determining the priority of targets, which should be a concern of PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung is an attractive color and shoelaces are not easily broken.

Keywords— Quality Function Deployment (QFD) Method, House of Quality (HOQ), Quality Control, and Product Quality.

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian dan meningkatkan kualitas produk sepatu di PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian data dengan menggunakan perhitungan berdasarkan penyebaran kuesioner (angket) dengan cara menyajikan dalam bentuk tabulasi yang diuraikan dengan tabel-tabel agar dapat menarik kesimpulan dari pernyataan sehingga dapat dipahami dengan jelas. Dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara untuk mendapatkan data-data dari PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan House Of Quality dalam metode Quality Function Deployment (QFD), prioritas utama berdasarkan hasil penentuan prioritas target, yang harus menjadi perhatian PT. Geoff Maksimal Jaya Bandung adalah warna yang menarik dan tali sepatu tidak mudah rusak atau putus.

Kata Kunci— Metode Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), Pengendalian Kualitas, dan Kualitas Produk.


Keywords


Metode Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), Pengendalian Kualitas, dan Kualitas Produk.

Full Text:

PDF

References


Akasya, Nur. 2018. “Pengaruh Lini Produk dan Kualitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kue Bakpia di “Home Industri Saudara†Pekanbaru. Skripsi thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hal 1-26. Diakses 16 Maret 2020.

Chen, L.-H., Ko, W.-C., dan Yeh, F.-T. 2017. "Approach based on fuzzy goal programing and quality function deployment for new product planningâ€. European Journal of Operational Research. vol. 259, hal 654-663. Diakses 5 Juni 2020.

Hakim, Arief Luqman. 2017. “Analisis Kualitas Layanan Dengan Metode quality Function Deployment (QFD) Pada J&T Express. (Studi Kasus: J&T Express, Cabang Benowo-Surabaya). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal 7-32. Diakses 27 Juni 2020.

Heizer, J., Render, B. & Munson, C., 2017. Principles of Operations Management Sustainability and Supply Chain Management. London: Pearson.

Stevenson, W.J., Chuong, S.C. 2015. Operations Management, Twelfth Edition. United States of America.

Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi kedua. PT Indeks. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24410

Flag Counter   Â