Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen

Meri Septiana

Abstract


Abstract— The purpose of this research is to find out how the company efforts in building the brand image, and to find out costumer loyalty, also how much the influence of the brand image to costumer loyalty. These types of research are conducted verification using the Insidental Sampling data collection technique by using a sample of 100 consumer respondents of Ultra Teh Kotak in Bandung City. The data of analysis used to test the hypothesis is regression analysis. These results of this research indicate that the implementation of the layout in Ultra Teh Kotak is strong, means that the brand image has a positive significant influence to costumer loyalty.
Keywords— brand image, costumer loyalty


Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam membangun citra merek, bagaimana loyalitas konsumen minmuan teh dalam kemasan merek Ultra Teh Kotak dan seberapa besar pengaruh citra merek terhadap konsumen. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data Insidental Sampling dengan menggunakan 100 sampel responden konsumen Ultra Teh Kotak di Kota Bandung. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan citra merek yang dilakukan Ultra Teh Kotak tergolong kuat, artinya citra merek berpengaruh berpengaruh signifikan terhadap loyalita konsumen.
Kata Kunci—Citra merek, loyalitas konsumen


Keywords


Citra Merek, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama

Dewi, Nila Kasuma dkk. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang. Padang.

Freddy, Rangkuti. 2002. The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Habibullah, Muhammad & Fitria, Sisca Eka. 2017. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan studi pada Bisnis Clothing Clothing P-Clothes. Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Universitas Telkom.

Hengestu, Nelsen dan Iskandar, Donant Alananto. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum dalam Kemasan. Jurusan Manajemen : Universitas Islam Attahiriyah.

Sugioyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung:Alfabeta.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Wijayanto, Indra & Iriani, Sri Setyo. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Studi pada Starbucks Coffe Plaza Tunjungan 4 Surabaya. Surabaya. Jurusan manajemen : Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24335

Flag Counter   Â