Analisis Pengendalian Manajemen Proyek Pembangunan Sarana Olahraga UIN dengan Menggunakan Metode Critical Path Method (CPM) untuk Mengoptimalkan Biaya dan Waktu

Arco Aji Dewanto, Muhardi Muhardi, Rabiatul Adwiyah

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to determine and analyze the project management control of UIN sports facilities project development conducted by CV. Adiprima Kreasi by using critical path method (CPM) to get the optimal time and cost. The type of research used in this study is descriptive quantitative and the type of research used in this study is a case study method. Data collection techniques used in this study is the collection of field technique data is conducted interviews to obtain data from CV Adiprima Kreasi, observation to know the state of UIN sports facilities project, and Documentation to analyze documents obtained from CV. Adiprima Kreasi. Results Calculations obtained from this study indicate that the strategy after using Network Planning analysis with Critical Path Method (CPM) settling time to 142 days with project cost of  Rp. 1.823.952.251. To overcome the delay is done acceleration 6 days to 136 days with an efficiency of 4.2% with total project cost Rp. 1.836.052.251, with a cost efficiency of 0.6% this is due to the crash program to obtain the time and cost of a more optimal project.

 

Keywords: Project Management Control, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Optimal Time and Cost

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian manajemen proyek pembanguan sarana olahraga UIN yang dilakukan oleh CV. Adiprima Kreasi dengan menggunakan critical path method (CPM) untuk mendapatkan waktu dan biaya yang optimal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data teknik lapangan yaitu dilakukan wawancara untuk mendapatkan data-data dari CV. Adiprima Kreasi, observasi untuk mengetahui keadaan proyek pembangunan sarana olahraga UIN, dan Dokumentasi untuk menganalisis dokumen-dokumen yang didapat dari CV. Adiprima Kreasi. Hasil Perhitungan yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi setelah menggunakan analisis Network Planning dengan metode Critical Path Method (CPM) waktu penyelesaian menjadi 142 hari dengan biaya proyek sebesar Rp. 1.823.952.251. Untuk mengatasi keterlambatan dilakukan percepatan 6 hari menjadi 136 hari dengan efisiensi 4,2 % dengan total biaya proyeknya Rp. 1.836.052.251, dengan efisiensi biaya 0,6 % hal ini dikarenakan adanya crash program untuk memperoleh waktu dan biaya proyek yang lebih optimal.

 

Kata Kunci : Pengendalian Manajemen Proyek, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Waktu dan Biaya Optimal


Keywords


Pengendalian Manajemen Proyek, Critical Path Method (CPM), Crash Program, Waktu dan Biaya Optimal

Full Text:

PDF

References


Arianto, Arif 2010, Eksplorasi Metode Bar Chart, CPM, PDM, PERT, Line of Balance dan Time Chainage Diagram Dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi, Tesis, Universitas Diponegoro.

Ariwibowo, D., Fatkhurokhman, M., & Hamid, M.A (2016). Sistem Perencanaan Ulang dan Pengendalian Produksi Heat Exchanger Menggunakan Metode Critical Path. In SENTIA (Vol. 8 pp.1-5). Malang : Politeknik Negeri Malang.

Chase, Richard B., F. Robert Jacobs, and Nicholas J. Aquilano, Operations

Management for Competitive Advantage With Global Cases. 11 th edition,

McGraw-Hill Internasional edition, Singapore, 2007.

Deitiana, Tita. (2011). Manajemen Operasional Strategi dan Analisa Services dan

Manufaktur. (edisi pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dimyati, Drs. H.A Hamdan, Kadar Nurjaman, S.E., M.M. 2014. Manajemen Proyek. Bandung: CV. Pustaka Setia .

Ervianto, Wulfram I.,2005. Manajemen Proyek Konstruksi, Yogyakarta: Andi Offset.

Gray dan Larson, 2008, Manajemen Proyek Proses Manajerial. Yogyakarta: Andi Offset.

Hardiyanta, I. D. M. Y. (2015). Optimalisasi Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Metode Least Cost Analysis. Disertasi. Universitas Udayana, Bali.

Heizer, J., Render, B., 2014. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Ir. Abrar Husen, MT, 2009, 2011. Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi Offset.

Iramutyn, Ermis V., 2010, Optimasi Waktu dan Biaya dengan Metode Crash (Studi Kasus Pada Proyek Pemeliharaan Gedung dan Bangunan Rumah Sakit Orthopedi). Tugas Akhir, Universitas Negeri Solo, Solo.

Kim, et al., 2012, A practical approach to project scheduling: considering the potential quality loss cost in the time-cost tradeoff problem. International Journal of Project Management 30 (2) : 264-272.

Muhardi. (2011). Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ridho dan Syahrizal, 2014, Evaluasi Penjadwalan Waktu dan Biaya Proyek dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Kantor Badan Pusat Statistik Kota Medan, Sumatera Utara).

Sahid, 2012, Implementasi Critical Path Method dan PERT Analysis pada Proyek Global Technology for Local Community. Jurnal Teknologi Informasi dan Telematika 5(2): 2012, 14-22.

Setiawati, dkk., 2017 Penerapan Metode CPM dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Konstruksi ( Studi Kasus: Rehabilitasi / Perbaikan dan Peningkatan Infrastruktur Irigasi Daerah Lintas Kabupaten / Kota D.I Pekan Dolok).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24022

Flag Counter   Â