Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung

Noer Bukhari Hardyali, Sri Suwarsi, Rusman Frendika

Abstract


Abstract—This research aims 1) to know the emotional intelligence and working environment at SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. 2) to know the performance of high school teachers of Angkasa Lanud Husein Sastranegara. 3) to analyse how emotional intelligence and work environment impact the performance of high school teachers in Angkasa Lanud Husein Sastranegara.The research methods used are descriptive analysis and verificative and operate the calculations using the SPSS 23.0 program. Variables in this research are emotional intelligence, work environment and teacher performance. Collection of data obtained through questionnaires, observations, interviews, and library studies. The sample withdrawal technique is non probability sampling. This research is the teacher of SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara which amounted to 54 people.The results of this study concluded that: 1) Emotional intelligence at SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara belongs to high category. 2) Working environment at SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara belongs to high category. 3) The performance of Guru in Angkasa Lanud Husein Sastranegara High SCHOOL belongs to the category height. 4) Emotional intelligence partially affects significantly to teacher performance. 5) The working environment partially affects the teacher's performance. 6) The Emotional intelligence and working environment are simultaneously influential to the teacher's performance. It can be concluded that there is an influence between the emotional intelligence and the working environment to the teacher performance in SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Teacher

Keywords—emotional intelligence, work environment, teacher performance.

 

Abstrak—Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja pada SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. 2) Untuk mengetahui Kinerja Guru SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara. 3) Untuk menganalisis bagaimana pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru  SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 23.0. Variabel dalam penelitian ini Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja dan Kinerja Guru. Pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik penarikan sampel adalah non probability sampling. Responden penelitian ini adalah Guru SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara yang berjumlah 54 orang.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional pada SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara termasuk kategori tinggi. 2) Lingkungan  Kerja pada SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara termasuk kategori tinggi. 3) Kinerja Guru pada SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara termasuk  kategori tinggi. 4) Kecerdasan Emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. 5) Lingkungan Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. 6) Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Guru. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada guru SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara

Kata Kunci—kecerdasan emosional, Lingkungan kerja, kinerja guru.


Keywords


kecerdasan emosional, Lingkungan kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Weisinger, H. (2006) ‘Emosional Intelegence at Work: Pemandu Pemikiran Anda Untuk Meraih Kesuksesan’, PT Bhuana Ilmu Populer. Jakarta

Karweti, Engkay. (2010). ‘Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang’. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11, No. 2 Hal 73-84. ISSN no. 1412-565X.

Goleman, Daniels. (1998) ‘Working With Emotional Intelligence’, Bantam Books, New York.

Afandi, Pandi. (2016) ‘Concept & Indicator: Human Resources Management’, DEEPUBLISH, Yogyakarta.

Ahmadiansah, R. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Smk Muhammadiyah Salatiga’, Interdisciplinary Journal of Communication, 1(2), p. 93.

Mardiana. (2013) ‘Manajemen Produksi’, Penerbit Badan Penerbit IPWI, Jakarta.

Siagian, Sondang. P. (2014) ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Bumi Aksara, Jakarta

Salovey, P., Mayer, J.D., dan Caruso. (2004) ‘Emotional Intelligence: Theory, Finding, and Implicatn. Psychology Inquiry’, 15 (3)

Patton, Patricia. (2002) ‘EQ-Kecerdasan emosional Membangun Hubungan Jalan Menuju Kebahagiaan dan Kesejahteraan’, PT. Pustaka Delaprasata, Jakarta.

Septiani, E. M., Warso, M. M. and Fathoni, A. (2015) ‘Pengaruh Program Kesejahteraan, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan’.

Damayanti, A. P., Susilaningsih and Sumaryati, S. (2013) ‘Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta’, JUPE UNS, 2(1), pp. 155–168.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23684

Flag Counter   Â