Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung

Muhammmad Rizky Maulana, Dede R. Oktini, Mochamad Malik Akbar R.

Abstract


Abstract—Restaurant  is one of the business activities in the field of selling food products, especially those served to the public and providing a place to enjoy these foods and setting certain rates for each food and service. One of them is the Banyumas Satay Restaurant, Bandung City. The purpose of this research is to identify the Product Quality at the Banyumas Sate Restaurant, to identify the Location of the Banyumas Sate Restaurant in Bandung City, to find out the Purchase Decision of the Banyumas Sate Restaurant in Bandung City and to recognize how much influence the Product Quality and Position on the Purchase Decision at Home Eat Sate Banyumas, Bandung City. The method used in this research is the survey method and sampling with probability sampling. This type of research is descriptive verification through a quantitative approach. The samples in this research were the consumers of the Banyumas Sate Restaurant. Data were collected as many as 100 people. The method of data analysis uses multiple linear analysis with the hope of showing the relationship between the Product Quality(X1) and Location(X2) variables with the Purchasing Decision variable(Y). The results of this research show the partial influence of the Product Quality(X1) and Location(X2) variables on Purchasing Decisions(Y). Then simultaneously Product Quality(X1) and Location(X2) have a significant effect on the Purchase Decision(Y) at the Sate Banyumas Restaurant, Bandung City.

Keywords—Product Quality, Location, Purchase Decision.

Abstrak—Restaurant ataupun rumah makan merupakan salah satu kegiatan usaha dalam bidang penjualan produk makanan khususnya yang dihidangkan kepada masyarakat dan disediakannya tempat untuk menikmati makanan tersebut serta menetapkan tarif-tarif tertentu untuk setiap makanan dan pelayanannya. Salah satunya Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung. Tujuan dari riset ini ialah untuk mengenali Kualitas Produk pada Rumah Makan Sate Banyumas, untuk mengenali Lokasi Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung, untuk mengetahui Keputusan Pembelian Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung serta buat mengenali seberasa besar Pengaruh Mutu Produk serta Posisi terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung. Metode yang dipakai dalam riset ini ialah Metode Survey dan pengambilkan sampel dengan Pobability Sampling. Jenis riset ini bersifat deskriptif verifikatif melalui pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam riset ini merupakan Konsumen Rumah Makan Sate Banyumas. Dilakukan pengambilan data sebanyak 100 orang. Metode analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan harapan memperlihatkan hubungan antara variabel Kualitas Produk(X1) dan Lokasi(X2) dengan variabel Keputusan Pembelian(Y). Hasil pada riset ini memperlihatkan pengaruh secara parsial variabel Kualitas Produk(X1) dan Lokasi(X2) terhadap Keputusan Pembelian(Y). Lalu secara simultan Kualitas Produk(X1) dan Lokasi(X2) berpengaruh signifikan teradap Keputusan Pembelian(Y) pada Rumah Makan Sate Banyumas Kota Bandung.

Kata Kunci—Kualitas Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.


Keywords


Product Quality, Location, Purchase Decision.

Full Text:

PDF

References


Alli, I. (2004). Food quality assurance: Principles and practices, Boca Raton. Florida: CRC Press.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Hartini, S. (2012). Peran inovasi: pengembangan kualitas produk dan kinerja bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), 83-90.

Namkung, Y., & Jang, S.SC. (2007). “Does food quality really matter in restaurants? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentionâ€, Journal of Hospitality & Tourism Research, pp.387-410.

Susanti, T., & IDRIS, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi pada waroeng spesial sambal cabang Tembalang, Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Walukow, A. L. P., & Mananeke, L. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23162

Flag Counter   Â