PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. MURAKAMI DELLOYD INDONESIA

Ulfah Isnindya Putri ikam, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Murakami Delloyd Indonesia Cikarang. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah kuisioner, wawancara dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (kualitas produk) dengan variabel dependen (loyalitas pelanggan). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis melalui uji t dan koefisien determinasi (). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk kaca spion, untuk menganalisis loyalitas pelanggan pada PT. Murakami Delloyd Indonesia, dan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada kaca spion PT. Murakami Delloyd Indonesia.

Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana dan uji t dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Murakami Delloyd Indonesia. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa variabel loyalitas pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh variabel kualitas  produk (X) sebesar 44 %. Sedangkan sisanya 56% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteiliti.

 


Keywords


kualitas produk, loyalitas pelanggan

References


Ghozali, Imam. (2022). Aplikasi Analisis Multi Variat dengan Program

SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang..

Griffin , Jil. (2005). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan

Kesetiaan Pelanggan Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Husein Umar, 2005, “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis:’ Jakarta :

PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gray. 2012. Principles Of Marketing. Globa;

Edition, 14 Editiion, Pearson Education.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Fourteenth

Global Edition. 14 Edition. Pearson.

Pass, Christoper, and, Lowes, Bryan, 2009, Kamus Lengkap Ekonomi, (Collins

Dictionary of Economics), Terjemahan Tumpal Rumapea dan Posman

Halolo, Edisi Kedua, Erlangga, Indonesia.

Sofjan Assauri, 2009, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian dan Operasi, Edisi Revisi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharno & Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2011, Service, Quality & Statisfication, ED III, ANDI. Yogyakarta.

Vincent Gaszpersz, 2009, Total Quality Management, Cetakan Kelima, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jurnal :

Jurnal Ropinov Saputro (2010)

Jurnal Sri Wahyuni Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia Semarang.

Sumber lain :

http://jurnalmanajemenoperasional.blogspot.com/

http://digilib.unpas.ac.id/download.php?id=468




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2308

Flag Counter   Â