Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal

Alya Nadia Shafira, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstrak—This study aims to determine: (1) Knowing the influence of investment motivation on investment interest in capital market at FEB UNISBA students. (2) To know the influence of investment knowledge on investment interest in capital market at FEB UNISBA students. (3) Knowing the influence of investment motivation and investment investment knowledge on investment interest in capital market at FEB UNISBA students. The research design is quantitative. The population in this study is the Student Program Strata 1 Financial Management Program, FEB UNISBA and has passed the course of Portfolio Theory. The sample in this research is 185 students. Data collection in this study using questionnaire method. The test of the instrument was analyzed by using validity test and reliability test. Method of analysis data which used in this study is multiple linear regression with used the help of SPSS 23 program.The results of this study indicate that: (1) Investment motivation has an effect on the interest of investing in capital market in FEB UNISBA students, evidenced by probability value of 0.000 <0,05. (2) Investment knowledge has an effect on investment interest in capital market at FEB UNISBA students proved with probability value equal to 0,001 <0,05. (3) The motivation and knowledge of investment simultaneously affect the interest of investing in the capital markets of FEB UNISBA students, as evidenced by Fhitung of 57,118 and the probability of 0.000. (4) The independent variables together affect the dependent variable by the remaining 64,8% by 35,2% influenced by other variables.

Keywords: Investment knowledge, Investment motivation, Investment interest in capital market.

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui pengaruh motivasi investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA. (2) Mengetahui pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA. (3) Mengetahui pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi investasi terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA.  Desain  penelitian  adalah  kuantitatif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  Mahasiswa Program Strata 1 Prodi Manajemen Keuangan, FEB UNISBA serta telah lulus mata kuliah Teori Portofolio. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 185 Mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis  dengan  menggunakan  uji  validitas  serta  uji  reliabilitas.  Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bila: (1) Motivasi investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA, dibuktikan dengan nilai probabilitas  sebesar  0,000  < 0,05.  (2) Pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA. dibuktikan dengan nilai probabilitas  sebesar  0,001 < 0,05. (3) Motivasi dan pengetahuan investasi secara simultan berpengaruh terhadap  minat berinvestasi di pasar modal pada mahasiswa FEB UNISBA, dibuktikan dengan Fhitung sebesar 57,118 serta probabilitas sebesar 0,000. (4) Variabel bebas secara bersama–sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 64,8% sisanya sebesar 35,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Kata Kunci: Pengetahuan investasi, Motivasi investasi, Minat investasi di  pasar modal.

Keywords


Pengetahuan investasi, Motivasi investasi, Minat investasi di pasar modal.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi,v Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.

Diu, K. (2016). BEI Catat Kenaikan Jumlah Investor Saham. Retrieved from http://www.topsaham.com/index.php/opi ni/item/955-bei-catat-kenaikan-jumlah-investor-saham.

Hapsari, E. (2016, November 28). Investasi Pas untuk Mahasiswa. Diambil kembali dari http://www.republika.co.id/berita/koran/gen-i/16/01/27/o1lq8b-investasi-pas-untuk-mahasiswa.

Hapsari, E. (2016). Investasi Pas untuk Mahasiswa. Retrieved from http://www.republika.co.id/berita/koran/gen-i/16/01/27/o1lq8b-investasi-pas-untuk-mahasiswa.

Kartikaningrum, N. (2016). Minat Investasi di Pasar Modal Masih Minim, Eastspring Sasar Mahasiswa. . Retrieved from http://market.bisnis.com/read/20161021/190/594634/minat-investasidi-pasar-modal-masih-minim-eastspring-sasar-mahasiswa.

Kasman. (2016). Mahasiswa di Kendari Mulai Berminat Investasi Saham. Diambil kembali dari http://kabarkendari.com

Zaid, M. (2015). Pengaruh Finansial, Dan Pertimbangan Pasar Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ikbal, A. M. (2019). Pengaruh Motivasi Investasi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi Syariah.

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23020

Flag Counter   Â