Pengaruh Kualitas Produk Food and Drink dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akhir Pada Toko Minicafe Kopma Unisba Bandung

Imam Maulana Prayogi, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to obtain Food and Drink Product Quality findings at the Kopma Unisba Minicafe Shop Bandung, to obtain Promotion findings at the Kopma Unisba Minicafe Shop Bandung, to obtain the findings of the Final Consumer Purchase Decision at the Kopma Unisba Minicafe Store in Bandung and to obtain findings how much influence Quality of Food and Drink Products and Promotion of Final Consumer Purchase Decisions.The method used is a survey method and sampling technique is non probability accidential sampling. This type of research is quantitative verification. The population in this study were Bandung Islamic University Students. The sample taken was 100 respondents. Data analysis method used is multiple linear analysis aimed to determine the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable. The results of this test state that the variable Quality of Food and Drink Products partially has a significant effect on the Final Consumer Purchase Decision, and the Promotion variable partially has a significant effect on the Final Consumer Purchase Decision. And Simultaneously the variable Quality of Food and Drink Products and Promotion has a significant effect on the Purchase Decision of Final Consumers at Kopma Unisba Minicafe Store Bandung.Keywords: Product Quality, Promotion, Purchasing Decisions

 

 

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh temuan Kualitas Produk Food and Drink  pada Toko Minicafe Kopma Unisba  Bandung, untuk memperoleh temuan Promosi pada Toko Minicafe Kopma Unisba Bandung, untuk memperoleh temuan Keputusan Pembelian Konsumen Akhir pada Toko Minicafe Kopma Unisba Bandung dan untuk memperoleh temuan seberapa besar pengaruh Kualitas Produk  Food and Drink dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akhir. Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik penarikan sample adalah non probability accidential sampling. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Sample yang diambil adalah 100 orang responden. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis linear berganda bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Kualitas Produk Food and Drink secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akhir, dan variabel Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akhir. Dan secara Simultan variabel Kualitas Produk Food and Drink dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Akhir pada Toko Minicafe Kopma Unisba Bandung

Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian


Keywords


Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Adam, Muhammad. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Ari Setyaningrum, J. U. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung. Penerbit: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djaslim Saladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heizer, Jay & Barry Render.2012. Manajemen Operasi.. Jakarta: Salemba Empat

Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi. Teknologi Komunikasi dan Informasi, Bandung : Aditama.

Jakarta:Erlangga

Kotler, and Amstrong. 2014. Principles of Marketing 13th Edition. New York: Prentice Hall International

Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2012 Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1,

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Marwanto, Aris. 2015. Marketing sukses. Yogyakarta: Kobis

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi. 2014. Analisis Data, USU Press, Medan.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sumber Jurnal:

Panget, B., Tumbel, T. M., & Tamengkel, L. D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada CV. LION di Ternate. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(004), 62-69.

Permana, D. I. (2017). PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LANTAI KAYU DAN PINTU PT. PIJI DI JAWA TIMUR. PERFORMA, 2(1), 116-123.

Sriwardiningsih, E., & Bharata, A. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK AND PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OTOMOTIF. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 119-125.

Lokas, T. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA VIXION (STUDI KASUS PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO). JURNAL BERKALA ILMIAH EFISIENSI, 16(4).

Sumber Lainnya:

Buku RAT XXVII KOPERASI MAHASISWA UNISBA 2017-2018, Bandung

indonesiancraft.co.id

Nasijiwaku.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22384

Flag Counter   Â