ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN PRODUK DODOL COKLAT MENGGUNAKAN METODE ADJUSTED EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS PADA PABRIK DODOL ASLI 99 GARIT)

Frisca Frisilia Ariesta, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peramalan penjualan produk dodol coklat yang dilakukan oleh Pabrik Dodol Asli 99 Garut dan peramalan penjualan produk dodol coklat menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing yang ada berbagai indikator kesalahan dengan menggunakan MAPE, MSE, SE, MAPD, E. Metode peramalan merupakan suatu cara untuk memperkirakan atau mengantisipasi tentang apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Metode peramalan berguna untuk memperkirakan secara sistematis dan pragmatis atas dasar data yang relevan pada masa lalu.

Objek penelitian adalah PD. Dodol Asli 99 Garut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang terjadi dan hal-hal yang berhubungan antara kejadian yang diteliti. Data penjualan periode Januari 2013 – Desember 2014 sebagai dasar data untuk peramalan merupakan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan metode single exponential smoothing dan adjusted exponential smoothing melalui Microsoft Excel.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Pabrik Dodol Asli 99 Garut meramalkan penjualan produk dodol coklatnya berdasarkan besarnya permintaan bulan sebelumnya. Perusahaan belum menggunakan metode yang umum dipakai dalam pengendalian intern penjualan untuk meramalkan penjualannya. Hasil peramalan dengan metode permintaan sebelumnya menghasilkan Metode Single Exponential Smoothing pada α = 0,7 menghasilkan kesalahan peramalan yang paling rendah pada hampir seluruh indikator pengukuran, kecuali untuk E. Sedangkan dengan Adjusted Exponential Smoothing diperoleh error peramalan terkecil pada β = 1,0 dan α = 0,4 Peramalan penjualan dengan Adjusted Exponential Smoothing menghasilkan kesalahan peramalan yang lebih rendah dari pada Single Exponential Smoothing dan metode peramalan perusahaan untuk seluruh indikator pengukuran.


Keywords


peramalan, penjualan, adjusted exponential smoothing

References


Assuri, Sofian. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Basu Swastha. 2001. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Harjanto Eddy. 2008. Manajemen Operasi. Edisi Tujuh, Jakarta.

Heizer, Jay & Barry, Render. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi. Alih Bahasa Chriswan Sungkono, 2001, Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay. & Barry. Render. 2006. Manejemen Operasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2001. Sistem Perancangan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Moh. Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Taylor, Bernard W. dan Roberta S. Russel. 2000. Operation Management International Edition. Third Edition. Prentice Hall.




Flag Counter