ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS JASA PENGIRIMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (STUDI KASUS PADA KANTOR POS MPC BANDUNG)

Yusuf Hamsyih Ramadhan, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pengendalian kualitas jasa pengiriman pada Kantor POS MPC Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggunakan 30 sampel dalam 30 hari pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan metode Statistical Quality Control, menggunakan peta kendali p ̅, diagram pareto, dan diagram sebab akibat untuk mengurangi tingkat kesalahan pada Kantor POS MPC Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk pengendalian kualitas dari Kantor POS MPC Bandung masih kurang baik segingga Kantor POS MPC Bandung sekarang banyak mengalami penurunan. Faktor – faktor yang menjadi penyebab kesalahan adalah faktor SDM, material, dan lain lain. Sedangkan faktor yang paling dominan adalah SDM. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengendalian kualitas pada karyawan yang menjadikan kurangnya terampil dan banyaknya kelalaian dari para karyawan tersebut.

Keywords


Statistical Quality Control, kualitas, peta kendali, diagram pareto, diagram sebab akibat

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Basterfield, Dale H., 2010, Quality Control 8 Edition, New Jersey, Printice-Hall Inc.

Chase, Aquilano, dan Jacobs. 2004. Operation Management for Competitive Advantage. USA 9^th Edition.

Dorthea Wahyu Ariani, 2004, Pengendalian Kualitas Statistik 11 edition, singapure Mc Graw-Hill Book.

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Herjanto, Eddy. Manajemen Operasi. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana

Jay Heizer and Barry Render, 2009, Operations Manajement 9 edition, Jakarta,Salemba Enpat.

Lukman, Sampara. (200). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN press.

Montgomery, Douglas C. Introduction to Statistical Quality Control .4 th Edition. New York: John Wiley & Sonc, Inc, 2001.

Nasution, M.N. (2004) Manajemen Jasa Terpadu, Jakarta: PT. Gamedia Pustaka Utama.

Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta : Ekonisia

Purnomo, Hari. 2004, Pengendalian Kualitas Statistik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schroeder, Roger G., 2011, Operations Manajement: Contenporary Concept and Cases, New York.

Shroeder, Roger. 2000. Operation Management : Contemporary Concept and Cases. International Edition USA : McGraw Hill inc.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi

Wijaya, Tony. 2011, Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2117

Flag Counter   Â