Analisis Pemeliharaan Mesin dengan Menggunakan Metode Preventive dan Breakdown Maintenance dalam Rangka Meminimumkan Biaya Pemeliharaan pada Mesin Boiler di Pabrik Gondorukem dan Terpentin Sindangwangi

Ilham Fikri Rifandi

Abstract


Abstract. This study aims to determine the application of maintenance strategies with preventive and breakdown methods, to determine the practice of boiler engine maintenance carried out by PGT Sindangwangi which is then analyzed until the minimum cost of maintenance of the boiler engine. The research method used is the case study method. The type of research carried out is descriptive quantitative. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. Interviews were carried out directly through face-to-face with PGT Sindangwangi, observation of boiler engine maintenance directly to PGT Sindangwangi, documentation in the form of data such as engine maintenance schedules, machine hours, and so forth related to engine maintenance. The application of maintenance strategies with the preventive and breakdown methods of the sudap is quite good. With the results of calculations that prove that the cost of maintenance using preventive and breakdown methods is more minimum than the maintenance carried out by PGT Sindangwangi.

Keywords: Treatment Strategies with Preventive and Breakdown Methods

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi perawatan dengan metode preventive dan breakdown, untuk mengetahui praktek pemeliharaan mesin boiler yang dilakukan oleh PGT Sindangwangi yang kemudian di analisis hingga biaya pemeliharaan mesin boiler tersebut minimum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat deskriptif kuntitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung melalui tatap muka dengan asman PGT Sindangwangi,observasi terhadap perawatan pemeliharaan mesin boiler secara langsung ke PGT Sindangwangi, dokumentasi yang berbentuk data-data seperti jadwal perawatan mesin, jam kerja mesin, dan sebagainya yang berhubungan dengan perawatan mesin. Penerapan strategi perawatan dengan metode preventive dan breakdown sudap dikatakan cukup baik. Dengan hasil perhitungan yang membuktikan bahwa biaya pemeliharaan menggunakan metode preventive dan breakdown lebih minimum dibandingkan pemeliharaan yang dilakukan oleh PGT Sindangwangi saat ini.

Kata kunci: Strategi Perawatan dengan Metode Preventive dan Breakdown.


Keywords


Strategi Perawatan dengan Metode Preventive dan Breakdown

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. 2013. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta. Rineka Cipta

Assauri, sofjan. 2008. “Manajemen Produksi dan Operasiâ€. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Ekawati, C., Leksananto, K., & Mustofa, F. H. 2016. JADWAL PERAWATAN PREVENTIVE PADA MESIN DYEING MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT DI PT. NOBEL INDUSTRIES. REKA INTEGRA, 4(2)

Jay Heizer, et al. 2017. “Operation Management Sustainbility and Supply Chain Management†twelfh edition.

Lalu Sumayang. 2003. Dasar-dasar Manajemen Operasi Dan Produksi. Jakarta: Salemba Empat

Lukmandani,A.; Santosa, H.; Maukar,A.L. 2011.“Penjadwalan perawatan di PT. Steel Pipe Industy of Indonesiaâ€. Widya Teknik. Vol.10 (1), pp.103-116.

Malayu, S.P. Hasinuan. 2009, Manajemen-Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Praharsi, Y., Sriwana, I. K., & Sari, D. M. 2015. Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance pada PT. Artha Prima Sukses Makmur. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 59-65.

Susilo, M. M. S., & Suliantoro, H. 2017. Analisis Kebijakan Corrective Dan Preventive Maintenance Pada Mesin Rapier, Shutle, Water Jet Pada Proses Weaving Di PT. Tiga Manunggal Synthetic Industries. Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Winata, I.A.; Prayogo, D.N.; Hidayat, A.2013.“Penjadwalan perawatan dan penggantian spare-parts di PO. X, Bojonegoroâ€. Calyptra:Jurnal Ilmiah MahasiswaUniversitas Surabaya.Vol.2(2),pp.1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20898

Flag Counter   Â