Pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian

Neng Rita Indi Lestari

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to find out about the application of Word of Mouth, consumer responses about Word of Mouth products, consumer purchasing decisions, and how big  on influence Word of Mouth to purchasing decisions in Warung Inul Bandung. The research used was a survey method. The type of research conducted was quantitative verificative. The sampling technique used was incidental sampling. The sample in this study are 90 respondents who had bought at Warung Inul. Data collection techniques used was questionnaires. The data analysis method used was Simple Linear Regression Analysis to find out indicate that independent variabels have a direction  correlation to the consumer purchasing decisions at Warung Inul.The result of this study indicate that the application of Word of Mouth is quite good. Consumer responses regarding Word of Mouth is really good. Consumer responses regarding consumer purchasing decisions at Warung Inul is good. The results of this study indicate the influence of Word of Mouth on consumer purchasing decisions.

Keywords: Word of Mouth, Consumer Purchasing Decisions

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Word of Mouth pada Warung Inul, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang Word of Mouth yang dihasilkan oleh Warung Inul, untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen terhadap Warung Inul, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian di Warung Inul Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat kuntitatif  verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang responden yang pernah membeli ke Warung Inul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independent dengan variabel dependen.Penerapan Word of Mouth sudap dikatakan cukup baik. Tanggapan konsumen mengenai Word of Mouth dapat dikatakan baik. Tanggapan konsumen mengenai keputusan pembelian konsumen di Warung Inul, dapat dikatakan baik. Hasil penelitian ini menunujukkan adanya pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian konsumen.

Kata kunci: Word of Mouth, Keputusan Pembelian Konsumen


Keywords


Word of Mouth, Keputusan Pembelian Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdulah, D. (2015). Pengaruh Word of Mouth Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PD. SUZUKI TALAGA. MAKSI, 2(1).

Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiholan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT Di Weleri-Kendal). Journal of Management, 2(2).

Akbar, M., Sos, F. F. S., Si, M., Adietya Arie, H., Sos, S., AB, M., ... & Samarinda, G. K. (2019). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Peembelian pada Rumah Makan Kedai Kopi Ading Balikpapan.

Fransiska, M., Budi Lestari, R., & Ayu Pramuditha, C. Pengaruh Talkers, Topics, Tools, Taking Part, dan Tracking Terhadap Keputusan Pembelian Pecel Lele dan Seafood Gareng di Kota Palembang.

Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(01).

Joesyiana, K. (2018). The Effect of Word of Mouth on Consumer purchasing decisions at Shopee (online shop) di Pekanbaru.. VALUTA, 4(1), 71-85.

Kotler, P.,& Keller.(2013). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20594

Flag Counter   Â