Analisis Quality Control dalam Upaya Menekan Tingkat Kegagalan Produk dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada Perusahaan NOTS GAMING

Unggul Utomo

Abstract


Abstract. This research aims to analyze quality control in an effort to reduce the level of product failure by using statistical quality control methods at nots gaming. This research using descriptive methods aimed to get the systematically and actual description about the facts that occur and the thing that relate between the events studied. To analyze the data in this research using the u-control chart as a statistical process control. The data used are production report in October 2019. Technique to collect the data doing by direct observation to the company and conduct interviews with various parties in the company. Based on the research result known that Nots Gaming has not yet implemented the Statistical Quality Control method to reduce production failures. The results of this research is  indicate that the product failure occur is perforated defect clothing products in October 2019 which is more often caused by the knitting process the defect percentage is 67.71% and the second largest of defects is a wrong color with a percentage is 14.49%. Based on the problems that occur the failure of the product due to defects, by prioritizing repairs to perforated types of defects, the company will be able to reduce the failure rate to reach 50%, because the percentage of defects for these perforated defects exceeds 50% ie at 67.71% .

Keywords: Quality Control, Product Failure, Statistical Quality Control

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa quality control dalam upaya menekan tingkat kegagalan produk dengan menggunakan metode statistical quality control pada perusahaan nots gaming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang terjadi dan hal-hal yang berhubungan antara kejadian yang diteliti. Untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan peta kendali – u sebagai alat pengendalian proses secara statistik. Data yang digunakan yaitu data laporan produksi pada bulan Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan observasi langsung pada perusahaan. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa Nots Gaming belum menerapkan metode Statistical Quality Control (SQC) untuk menekan kegagalan produksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa kegagalan produk terletak pada jumlah hasil produk yang cacat karena bolong terbesar terjadi pada produk pakaian pada periode Oktober 2019 yang lebih sering ditimbulkan pada proses knitting nilai presentase untuk cacat tersebut sebesar 67,71 % dan jumlah cacat kedua terbesar adalah salah warna dengan presentase cacat sebesar 14,49%. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, upaya untuk menekan tingkat kegagalan produk karena cacat yaitu dengan mengutamakan perbaikan pada cacat jenis bolong, maka perusahaan akan dapat menekan tingkat kegagalan hingga mencapai 50%, karena presentase cacat yang dialami untuk jenis cacat bolong ini melebihi 50% yaitu pada 67,71%.

Kata kunci: quality control, kegagalan produk, statistical quality control


Keywords


quality control, kegagalan produk, statistical quality control

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Besterfield, Dale H., 1994, Quality Control, 4th Edition, Prentice-Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey

Bestari, Mitra., 2004, Manajemen Operasi, Edisi Pertama, UPFE-UMY, Yogyakarta

Chase, Richard B., Nicholas J. Aquilano, F. Robert Jacobs, 2001, Operations Management for Competitive Advantage, 9th Edition, Mc Graw-Hill Companies, Inc., New York

Cooper, Donald R. and C. William Emory, 1995, Metode Penelitian Bisnis, Edisi 5, Erlangga, Jakarta

Foster, S. Thomas., 2004, Managing Quality, 2nd Edition, Pearson Education, Inc., New Jersey

Gaspersz, Vincent., 2004, Total Quality Management, Edisi 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Handoko, T. Hani, 2000, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1, BPFE, Yogyakarta

Hasibuan, Malayu S.P., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2002, Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta

Kuswandi dan Erna Mutiara, 2004, Delta Delapan Langkah Tujuh Alat Untuk Peningkatan Mutu Berbasis Komputer, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Lewis S. Pamela, Stephen H. Goodman, and Patricia M. Fandt., 2004, Management, 4th Edition, Thomson-South Western, Canada

Montgomery, Douglas C., 2001, Introduction to Statistical Quality Control, 4th Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York

Nazir, Mohammad, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke - 5, Galia Indonesia, Jakarta

Render, Barry and Jay Heizer, 2001, Prinsip - prinsip Manajemen Operasi, Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta

Robbins, Stephen P., 2003, Organizational Behavior, 10th Edition, Prentice-Hall, International, Inc.

Russell, Roberta S. and Bernard W. Taylor III, 1998, Operations Management: Focusing on Quality and Competitiveness, 2nd Edition, Prentice-Hall International, Inc., Upper Saddle River, New Jersey

Schroeder, Roger G., 2000, Operations Management: Contemporary Concepts and Cases, International Edition, Mc Graw-Hill Companies, Inc., Boston

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Revisi, CV. Alfabeta, Bandung

Tampubolon, Manahan P., 2004, Manajemen Operasi, Edisi 1, Galia Indonesia, Jakarta

Terry, George R., 2003, Prinsip Prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta

Wahyu Ariani, Dorothea., 2004, Pengendalian Kualitas Statistik, Edisi 1, Andi Yogyakarta., Yogyakarta

Yamit, Zulian, 2003, Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 2, Ekonisia, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20391

Flag Counter   Â