Pengaruh Konflik Kerja dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bank BJB Kantor Cabang Tamansari

Kania Dewi, Dudung Abdurrahman, Rusman Frendika

Abstract


Abstract. Conflict and work stress is one thing that is sure to happen in personal life and in the work environment. This study aims to determine the effect of work conflict and work stress on the performance of BJB Bank Bandung branch employees. The formulation in this study is whether work conflict and work stress affect employee performance. The sample in this study amounted to 30 respondents. The analytical model used is multiple linear regression analysis. The results in this study prove that work conflict and work stress have a significant effect on employee performance.

Keywords: work conflict, work stress, employee performance

Abstrak. Konflik dan stres kerja adalah satu hal yang pasti akan terjadi dalam kehidupan pribadi dan di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan cabang BJB Bank Bandung. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah konflik kerja dan stres kerja mempengaruhi kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa konflik kerja dan stres kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci: konflik kerja, stres kerja, kinerja karyawan


Keywords


konflik kerja, stres kerja, kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Agrineh Kapitan, A. S. (2019). Pengaruh Konflik Kerja, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Kerja Pegawai PD Pasar Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, Vol.8 No.5, 3220-3246.

Alfiah, J. (2013). Pengaruh Konflik Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Kepercayaan. Junal Ilmu Manajemen, Vol.1 No.1 , Hal 192-208.

Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, H. (2010). Manajamen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Nur, S. (2013). Konflik, Stress Kerja, dan Kepuasan kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pergawai Pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 September, Hal 739-749.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rivai, V. D. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins SP, d. J. (2011). Perilaku Organiasasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sahlan, N. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank SULUT Airmadidi. Jurnal Program Manajemen Universitas Brawijaya Malang, 112-152.

Sopiah. (2011). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i1.20358

Flag Counter   Â