PENGARUH RISIKO SISTEMATIS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi kasus sektor property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode Tahun 2010-2014)

Annisa Aryani, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Risiko Sistematis Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)”. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan 9 perusahaan sektor property yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis asumsi klasik, analisis regresi sederhana, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis secara simultan.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perkembangan risiko sistematis (Beta) pada perusahaan sektor property yang terdaftar di BEI terjadi adanya dinamika dan perkembangan baik ke atas maupun kebawah, dan perkembangan return saham pada perusahaan sektor property yang terdaftar di BEI juga mengalami perkembangan baik ke atas maupun ke bawah setiap tahunnya.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa analisis regresi sederhana yang terbentuk adalah risiko sistematis pada perusahaan sektor property yang terdaftar di BEI secara keseluruhan mengalami fluktuasi dan memiliki hubungan yang kuat terhadap return saham. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 8,91% dan koefisien determinasi sebesar 67,1%.


Keywords


Risiko Sistematis (Beta); Return Saham; Perusahaan property

References


Ade, 2013. Indeks dan Transaksi Saham Bursa Efek Indonesia. www.okezone.com. (diakses tanggal 3 Februari 2013).

Ananstasia, et. Al. 2003. Analisis Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik terhadap Harga Saham Properti di BEJ. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.5, No.2, p.123-132

Brigham, Eugene dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta : Erlangga.

Brigham, Eugene F. dan J.F. Houston. 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Universitas Dipoegoro, Semarang

Hardiningsih, Pancawati., Suryanto.,Chariri, A, 2002, “Pengaruh Faktor Fundamental dan Risiko Ekonomi terhadap Return Saham pada Perusahaan di Bursa Efek Jakarta: Studi Kasus Basic Industry & Chemical”, Jurnal Strategi Bisnis, Vol, 8, Des. Tahun VI.

Harjito, Martono. 2010. Manajemen Keuangan. Edisi ke 2. Yogyakarta : Ekonisia .

Jogiyanto, Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE.

Keown, Arthur. J. Martin, Jhon D, Petti.J. William dan Scoot. Jr, David F. 2008. Manajemen Keuangan : Prinsip dan Penerapan, Edisi Kesepuluh. Indonesia : PT Macanan Jaya Cemerlang

Marisa, Dewi. 2008. Pengaruh Risiko Sistimatis dan Likuiditas Saham Terhadap Tingkat Pengembalian Saham pada Perusahaan Perbankan yang GO Publik di BEI. Skripsi. FE UNP.

Mohamad, Samsul. Pasar Modal dan Manajemen Portfoli. 2006. Yogyakarta : Erlangga

Muljadi, Bambang. 2000. Analisis Faktor-Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Beta Pasar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi, Vol.1,No.1 November 2001

Sartono, R. Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4.

Yogyakarta : BPFE UGM

Setiawan, Doddy. 2003. Analisis Faktor-Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Risiko Sistematis Sebelum dan Selama Krisis Moneter. Simposium Nasional Akuntansi IV, p.565-573

Sharpe, William F. Alexander, Gorden, J. Bailey Jeffrey V. 1997. Investasi. Edisi

Indonesia. Jakarta : Prenhallindo

Suharli, Michell. 2005. Studi Empiris terhadap Dua Faktor yang Mempengaruhi Return Saham pada Industri Food and Beverages di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol.7, No.1 : 99-116.

Tandelilin Eduardus. 2001. Portfolio dan investasi : Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Kanisius.

www.idx.co.id

www.wikipedia.com

www.yahoo.finance.com

Zalmi Zubir, 2011, Manajemen Portfolio : Penerapannya dalam Investasi Saham. Jakarta : Salemba




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2028

Flag Counter