Pengaruh Negara Asal (Country of Origin) terhadap Minat Beli (Purchase Intention) Konsumen pada Roti Tous Les Jours di Istana Bandung Electronic Center (BEC)

Sity Syaripah, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to know how to influence country of origin on purchase intention. The study was conducted on visitors or consumers of Tous Les Jours in Istana Bandung Electronic Center(BEC). This type of research is a kind of verification research that aims to determine the relationship of independent variables with the dependent variable. While research method used was survey method. Survey methods used to obtain data from a particular place is natural (not artificial), but researchers do treatment in the collection od data distributing questionnaires and structured interviews. Subjects in this study were 100 vsisitors or consumer Tous Les Jours in Bandung Electronic Center (BEC). Sample collections technique is non-probablity sampling. Analysis of the data that is in use is a simple regression analysis aimed to test the hypothesis. The result showed the influence of Country of Origin on Purchase Intention on Tous Les Jours bread products at the Istana Bandung Electronic Center (BEC) with level of significance to 0,000 less than 0,05 (p<0,5), correlation coefficient of 0,733 (R=0,733), and the determinant coefficantly (R-Square / ) of 53,8% and  the remaining 46.2% is explained by other variables not included in the study. This means that Country of Origin significantly positive effect on purchase intention.

Keywords: Country of Origin, Purchase Intention.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh negara asal (country of origin) terhadap minat beli (purchase intention). Penelitian dilakukan pada pengunjung atau konsumen roti Tous Les Jours di Istana Bandung Electronic Center (BEC). Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis verifikatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui suatu variabel independent dengan variabel dependent. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode survei digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan pengumpulan data dengan mengedarkan kuisioner dan wawancara terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang pengunjung atau konsumen produk roti Tous Les Jours Istana BEC (Bandung Electronic Center. Teknik pengumpulan sampel adalah non-probability sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negara asal (country of origin) terhadap minat beli (purchase intention) konsumen pada roti Tous Les Jours di Istana Bandung Electronic Center (BEC) dengan tingkat signifiknasinya 0,000 kurang dari 0,05 (p<0,05), koefisien korelasi sebesar 0,733 (R = 0,733), dan koefisien determinan (R-Square /  ) sebesar 53,8 % dan sisanya sebesar 46,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Artinya Negara Asal (Country of Origin) secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli (Purchase Intention).

Kata kunci: Negara Asal (Country of Origin) dan Minat Beli (Purchase Intention)


Keywords


Negara Asal (Country of Origin) dan Minat Beli (Purchase Intention)

Full Text:

PDF

References


Beneke, J., Mill, J., Naidoo, K. and Wickham, B., 2015. The impact of willingness to engage in negative electronic word-of-mouth on brand attitude: a study of airline passengers in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research, 9(2).

Detik.com. Food Detik.com. food.detik.com. diakses pada 1 September 2019

Keni, K. and Octaviani, W., 2018. Intergenerational Communication, Country of Origin Dan Word of Mouth Untuk Memprediksi Ekuitas Merek [Intergenerational Communication, Country of Origin and Word of Mouth for Predicting Brand Equity]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 13(2), pp.234-245.

Kotler, Phillip., dan K.L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran, jilid I dan II, Edisi Kesebelas, PT. Indeks Garmedia, Jakarta.

Krisjanti. W Mahestu Noviandra. 2007. Evaluasi Pengaruh Country Of Origin Merek, dan Harga Pada pembelian Produk Susu Import. Redaksi Kinerja, Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Listiana, E., 2013. Pengaruh Country Of Origin terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Putra, I.B.O.K. And Suprapti, N.W.S., 2019. Pengaruh Persepsi Asal Negara (Country Of Origin) Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Citra Merek. E-Jurnal Manajemen, 8(8), Pp.5240-5266.

Sulistyari, Ikanita Novirina.2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas produk, dan harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame”. Diponegoro Journal Of Management. vol 1, no 1,pp 3-4.

Syauqina, S., Tresnati, R. and Mahani, S.A.E., 2018. Pengaruh Country Of Origin terhadap Minat Beli Sepeda Motor Tvs (Suatu Survey Konsumen Sepeda Motor Kota Bandung).




Flag Counter