Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Jaya Cabang Salawu Tasikmalaya

Ihsan Mukti Cahyana, Dede R Oktini

Abstract


Abstract. This study aims to determine the implementation of corporate image by KSP Pelita Jaya Salawu Branch, to find out the responses of respondents regarding the company's image in Pelita Jaya KSP, to find out the responses of respondents about customer loyalty in KSP Pelita Jaya and to find out how much influence the image of the company on customer loyalty.The research method used was a survey method with a sampling technique using purposive sampling, then obtained a sample of 80 people from the existing population. The population in this study is Pelita Jaya KSP customers. The type of research used is description verification. The method of data analysis in this study uses simple linear regression analysis with the aim to determine the direction of the relationship between the independent variable (X) and the dependent variable (Y).The implementation of the company's image in the Salawu Branch Pelita Jaya KSP can already be said to be good. Respondents' responses regarding the company's image in KSP Pelita Jaya are in a good category. Respondents' responses regarding customer loyalty in Pelita Jaya's KSP are in a good category. The data is normally distributed and does not experience heteroscedasticity. The results of this study indicate that there is a partial effect between corporate image variables on customer loyalty.

Keywords: Corporate Image, Customer Loyalty

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan citra perusahaan yang dilakukan KSP Pelita Jaya Cabang Salawu, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai citra perusahaan di KSP Pelita Jaya, untuk mengetahui tanggapan  responden tentang loyalitas nasabah di KSP Pelita Jaya serta untuk mencari seberapa besar pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode survey dengan teknik penarikan sampel menggunakan Sampling purposive, kemudian didapat sampel sebanyak 80 orang dari populasi yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah KSP Pelita Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif . Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan tujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variable independen (X) dan variable dependen (Y).Pelaksanaan citra perusahaan di KSP Pelita Jaya Cabang Salawu sudah bisa dikatakan baik. Tanggapan responden mengenai citra perusahaan di KSP Pelita Jaya berada pada kategori baik. Tanggapan responden mengenai loyalitas nasabah di KSP Pelita Jaya berada pada kategori baik. Data terdistribusi normal dan tidak mengalami heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara variabel citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah

Kata kunci: Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah


Keywords


Citra Perusahaan, Loyalitas Nasabah

Full Text:

PDF

References


Kotller, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi: 12. Jakarta: Erlangga

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kusumawati, H.D. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai variabel Intervening (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Cabang Semarang) (Doktoral Disertation. IAIN SALATIGA)

Budi, Agung Permana. 2013. Manajemen Marketing Perhotelan.Yogyakarta: Andi

Griffin, Jill. 2010. Customer Loyalty. Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga

Moorhead, Gregory dan Ricky W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat




Flag Counter