PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TOBIN'S Q (Studi Kasus Pada Perusahaan Dalam Indeks LQ45 Periode Tahun 2010-2013)

Melinda Septiyani, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Nilai Perusahaan dengan menggunakan metode Tobin’s Q studi kasus pada perusahaan dalam indeks LQ45 periode 2010-2013 baik secara parsial dan simultan.

EVA menilai efektivitas manajerial untuk suatu tahun tertentu, sedangkan MVA merupakan kekayaan yang mengukur nilai perusahaan dari waktu ke waktu. Nilai perusahaan merupakan nilai jual sebuah perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdapat dalam indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan dengan purposive sampling, diperoleh 15 perusahaan LQ45 yang menjadi sample pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Dan hasil analisis membuktikan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Nilai Perusahaan.

 

 


Keywords


Economic Value Added, Market Value Added, dan Nilai Perusahaan

References


Afzal, Arie. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Dipenogoro.

Berakon, Izra. 2012. Analisis Pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, dan Return On Investment Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2008-2010. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta. UPP STIM YKPN.

Juliana, Bunarto. 2006. Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Nilai Saham Perusahaan-Perusahaan terhadap Makanan dan Minuman Yang Go Public. Skripsi. Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Maulida, Ridha Octaviani. 2014. Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham. Skripsi. Universitas Islam Bandung.

Napitupulu, Sahala Ian Putra. 2006. Analisis Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added pada Tiga Emiten Terbaik. Medan.

Tri, Puji Lestari Winne. 2015. Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), dan Intellectual Capital (IC) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Tobin’s Q. Skripsi. Universitas Islam Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1977

Flag Counter