Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung

Nurul Azizah Jamil, Sri Suwarsi

Abstract


Abstract. This study aims 1) To determine the level of Emotional Intelligence of Management and Learning Entrepreneurship Students at Bandung Islamic University. 2) To find out the level of Entrepreneurship Student Interest in Management at Bandung Islamic University 3) Analyze how Emotional Intelligence and Entrepreneurship Learning Towards Entrepreneurial Interest at Bandung Islamic University. The research method used in this research is descriptive and verification analysis and operates the calculations using the program. IBM SPSS Version 25.0. Respondents in this study were Management Students of 2016 Faculty of Economics and Business, Bandung Islamic University, totaling 73 people. The variables studied in this study are Emosioanal Intelligence (X1), Entrepreneurship Learning (X2), and Entrepreneurial Interest (Y). Data collection is carried out by library research and field research. The results of this study conclude that: 1) Partial Emotional Intelligence has positive and significant effect on Entrepreneurial Interest 2) Entrepreneurial Learning Partially has positive and significant effect on Entrepreneurial Interest 3) Emotional Intelligence and Entrepreneurial Learning Simultaneously has positive and significant influence on Entrepreneurial Interest. It can be concluded that there is an influence between Emotional Intelligence and Entrepreneurship Learning on Entrepreneurial Interest in Management Students of the Faculty of Economics and Business Bandung Islamic University

Keywords: Emotional Intelligence, Entrepreneurship Learning, Entrepreneurial Interest.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui tingkat Kecerdasan Emosional Mahasiswa Manajemen dan Pembelajaran Kewirausahaan pada Universitas Islam Bandung. 2) Untuk mengetahui tingkat Minat Berwirausaha Mahasiswa Manajemen Pada Universitas Islam Bandung 3) Menganalisis bagaimana Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Universitas Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program. IBM SPSS Versi 25.0. Responden pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Manajemen  Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung, yang berjumlah 73 orang. Variabel yang dikaji pada penelitian ini yaitu Kecerdasan Emosioanal (X1), Pembelajaran Kewirausahaan (X2), dan Minar Berwirausaha (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kecerdasan Emosional secara Parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha 2) Pembelajaran Kewirausahaan secara Parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha 3) Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Kewirausahaan secara Simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Kecerdasan Emosional dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahsiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha


Keywords


Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Christianingrum, & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 45-55.

Drucker, P. F. (1985). Inovasi dan Kewiraswastaan: Praktek & Dasar-Dasar. Jakarta: Erlangga.

Fu'adi, I. F., Eko, B., & Murdani. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha Dengan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomatif SMK Negeri Adiwerna Kabupaten Tega. Jurnal PTM, 9, 92-98.

Goleman, D. (2002). Emotional Intellegence (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Suryana. (2006). Kewirausahaan: Pedoman, Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Sebelas Empat.




Flag Counter