ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA RUMAH MAKAN BANCAKAN DI KOTA BANDUNG

Yurizka Milantari, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment pada Rumah Makan Bancakan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu penelitian mengenai subjek penelitian yang berkaitan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui variabel mandiri, baik satu atau lebih tanpa membuat atau membandingkan variabel lain.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan Rumah Makan Bancakan memiliki keunggulan dibandingkan pesaingnya. Hal ini dapat dilihat dari Total House Quality dengan nilai tertinggi sebesar 436 yaitu pada  perusahaan mengingatkan para pegawai untuk selalu menjaga kebersihan. Hal-hal yang mendukung pada perusahaan mengingatkan para pegawai untuk selalu menjaga kebersihan adalah perusahaan memiliki tim piket, kebersihan makanan dan peralatannya terjaga, petugas kebersihan rutin melakukan pengecekan kebersihan mushola, menyediakan beberapa tempat sampah, petugas kebersihan rutin melakukan pengecekan fasilitas dan kebersihan toilet.



Keywords


Metode Quality Function Deployment dan Pengendalian Kualitas Pelayanan

References


Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management . Jakarta: Salemba Empat

Herjanto, Eddy. 2003. Manajemen Operasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

H.B. Sutopo.2006.Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam. Penelitian.Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Ibrahim & Nana Syodih

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian.Prantice Hall. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.

M. Manulang. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Galia Indonesia.

Nasution, M.N. 2005. Total Quality Management, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Purnama, Nursya'bani. 2006. Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia.

Rangkuti, Freddy. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1920

Flag Counter   Â