ANALISIS BAURAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN (Studi Kasus Pada CV. IDOLA INDONESIA BANDUNG)

Haidi Najwan, Muhardi Muhardi, Popie Sofiah

Abstract


CV. Idola Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tas, yang memproduksi tas dan memberikan jasa pembuatan tas khsususnya untuk souvenir. Tas yang diproduksi oleh CV. Idola Indonesia antara lain adalah tas rapim, tas laptop, dan tas wanita. Dalam penelitian ini, CV. Idola Indonesia menjadi objek dalam melakukan penelitian.

Tujuan dalam penelitan ini adalah untuk memaksimalkan keuntungan dari jumlah bauran produksi dan kendala-kendala yang dimiliki perusahaan mengenai keterbatasan modal, bahan baku, tenaga kerja, dan daya serap pasar. Dalam memaksimalkan keuntungan tersebut menggunakan program linier dengan metode simpleks dalam analisisnya.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam satu hari produksi, CV. Idola Indonesia dapat memproduksi 16 unit tas rapim, 22 tas laptop, dan 22 tas wanita dengan total keuntungan perhari sebesar Rp.1.414.894. Setelah dianalisis menggunakan metode simpleks terdapat peningkatan jumlah bauran produk dari tas rapim menjadi 20 unit, 22 tas laptop, dan 22 tas wanita dengan total keuntungan sebesar Rp.1.512.159 atau terjadi peningkatan jumlah keuntungan sebesar 6,23% perhari.


Keywords


Bauran Produk, Metode Simpleks, Keuntungan

References


Aminudin. 2005. Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nasution, Arman Hakim dan Yudha Prasetyawan. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi 3, Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Herjanto, Eddy. 1997. Manajemen Produksi dan Operasi. Penerbit Grasindo, Jakarta.

Noer, Bustanul Arifin. 2010. Belajar Mudah Riset Operasional. Edisi 1. Penerbit CV. Andi, Yogyakarta.

Siringoringo, Hotnair. 2005. Seri Teknik Riset Operasional. Pemrograman linier. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Heizer, Jay dan Barry render. 2005. (Operation Management) Manajemen Operasi, Buku 1, Edisi 7. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Heizer, Jay dan Barry render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasok, Edisi 11. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Philip, Kotler dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12. Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Muhardi. 2011. Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif untuk Pengambilan Keputusan. Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung.

Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern (Operasi Manufaktur dan Jasa), Edisi 3. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi, Cetakan 9. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Puryani dan Agus Ristono. 2012. Penelitian Operasional. Edisi pertama, Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ginting, Rosnani. 2007. Sistem Produksi. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Siswanto. 2007. Operations Research. Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Djaslim, Saladin. 2005. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke 2. Penerbit CV.Agung Ilmu. Bandung.

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. Edisi kedua, Cetakan Keduapuluh. Penerbit BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta.

Stevenson, William, J. 2014. Manajemen Operasi: Perspektif Asia, Buku 1, Edisi 9. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.




Flag Counter