ANALISIS PENGAWASAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SOLAR MODULE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ABC UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA PADA PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) BANDUNG

Rudyanto Andri Adi Putra, Muhardi Muhardi, Popie Sofiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meminimumkan biaya persediaan bahan baku solar module pada PT. Len Industri (Persero) Bandung. Minimalisasi biaya tersebut untuk memudahkan perusahaan dalam melaksanakan pengawasan persediaan bahan baku.

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penelitian lapangan yaitu observasi dan wawancara, dan penelitian kepustakaan yaitu studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa total cost actual perusahaan lebih besar dari total cost metode ABC. Total cost actual perusahaan yaitu sebesar Rp. 504.000.000, sedangkan total cost metode ABC sebesar Rp. 487.440.000. dengan demikian selisihnya adalah Rp. 16.560.000, dan jika dibulatkan dalam persentase adalah sebesar 3,2%. Dengan demikian minimalisasi dengan menggunakan metode ABC bisa dikatakan cukup efisien.


Keywords


Persediaan Bahan Baku, Metode ABC, Minimalisasi Biaya

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi UI.

Hasibuan Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi

Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heizer, Jay, Barry Render. 2015. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. 1997. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1829

Flag Counter   Â