Pengaruh Personal Branding terhadap Pengembangan Karir melalui Kepuasan Kerja Karyawan sebagai Variabel Intervening

Ira Selvyana Fadhilah, Sri Suwarsi

Abstract


Abstract. The purpose of this research are 1) to know the level of personal branding and career development on PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. 2) to know the level of personal branding and employee’s job satisfaction on PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. 3) to analyze how personal branding towards career development by employee’s job satisfaction on PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.  The method of this research are descriptive  and verivicative analysis and operating the calculation using SPSS 16.0 program. The respondents of this research are the employees of PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, there are 40 person. The variables that studied in this research are personal branding (x), career development (y), and job satisfication (z). The data assembled by library research and field research. The result of this research concluding that: 1) personal branding partially have a positive and significant influence on career development. 2)  personal branding partially have a positive and significant influence on employee’s job satisfication. 3) So it can be concluded that there is an influence of personal branding on career development by job satisfication on PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

Keywords: personal branding, career development, employee job satisfaction. 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui tingkat Personal Branding dan Pengembangan Karir pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. 2) Untuk mengetahui tingkat Personal Branding dan Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. 3) Menganalisis bagaimana Personal Branding terhadap Pengembangan Karir melalui Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verivikatif dan mengoperasikan perhitungannya menggunakan program SPSS 16.0. Responden pada penelitian ini yaitu karyawan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, yang berjumlah 40 orang. Variabel yang dikaji pada penelitian ini yaitu Personal Branding (X), Pengembangan Karir (Y), dan Kepuasan Kerja (Z). Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Personal Branding secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Karir. 2) Personal Branding secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. 3) Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Personal Branding terhadap Pengembangan Karir melalui Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, Cabang Sukajadi dan Banten.

Kata kunci: Personal Branding, Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja.


Keywords


Personal Branding, Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Dessler, G (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Mangkunegara, A.P (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marsana. 2015. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya pada Kinerja Guru (Studi Kasus pada SMA Negeri Se Sub Rayon 1 Semarang).

McNally dan Speak. 2002. Be Your Own Brand.

Rivai, Veitzhal dan Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Utomo, Budi Danu. 2014. “Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Hotel Grasia Semarang). Semarang. Universitas Diponogoro.




Flag Counter