Hubungan Efektivitas Iklan di Instagram dan Brand Ambassador dengan Minat Beli Konsumen

Syukron Agung Erjayanto, Septiana Ayu Estri

Abstract


Abstract. This research try to explain the relationship between advdertising in instagram account and brand ambassador with consumer purchase intention in Bandung Makuta. Specifically, its all about advertising effectiveness that describe through EPIC model as advertising effectiveness measuring instrument. EPIC model used as a support variable (X1). And As to be clear, this research the brand ambassador characteristics are in VisCAP model, visibility, credibility, attraction and power. This viscap model use as brand ambassador variable (X2) supporter, mean while buying intention as variable (Y) support by buyin intentions indicator transactional intention, referencial intention, preferencial intention, and exploration intention. Quantitative methods with correlation approach used in this research to test whether there’s a relation between those three variables. The population that used in this study is likers upload February 14, 2019 on instagram Bandung Makuta. The collected sampel were 100 respondens. A multiple linear analysis was used to find out the relationship between independent variabels (X1) and (X2) with the dependent variable (Y). The results of this study indicate that there is a significant partial effect between advertising efectiveness in instagram on purchase intention on Bandung Makuta. There is a significant partial effect between brand ambassador on purchase intention, and there is a simultaneous influence between advertising effectiveness in instagram and brand ambassador on purchasing intention.

Keywords : Advertising, Instagram, Ad Effectiveness, Brand Ambassador, Purchase Intention, Bandung Makuta, Laudya Cynthia Bella

Abstrak. Penelitian ini berusaha menjelaskan bagaimana hubungan efektivitas iklan di instagram dan brand ambassador dengan minat beli konsumen. Spesifikasinya ini adalah sebuah penelitian mengenai efektivitas iklan yang dijabarkan melalui EPIC model, model ini digunakan sebagai pendukung variabel (X1). Dan untuk lebih jelasnya meluruskan karakteristik brand ambassador adalah VisCAP model yang terdiri dari visibility, credibility, attraction dan power. Model VisCAP ini sebagai indikator dan pendukung variabel (X2) brand ambassador, sedangkan variabel (Y) minat beli, dengan indikator yang terdiri dari minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara ketiga variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah likers unggahan tanggal 14 februari 2019 di Instagram Bandung Makuta. Sampel yang diambil adalah 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (X1) dan (X2) dengan variabel dependen (Y). Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh signifikan sacara parsial antara efektivitas iklan di Instagram Bandung Makuta dengan minat beli, terdapat pengaruh signifikan secara parsial brand ambassador dengan minat beli. Dan terdapat pengaruh secara simultan antara efektivitas iklan di Instagram dan brand ambassador dengan minat beli.

Kata kunci: Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Brand Ambassador, Minat Beli, Bandung Makuta, Laudya Cynthia Bella


Keywords


Periklanan, Instagram, Efektivitas Iklan, Brand Ambassador, Minat Beli, Bandung Makuta, Laudya Cynthia Bella

Full Text:

PDF

References


Lutfi, Muhammad Hasan. 2017. Hubungan Daya Tarik Brand Ambassador Iklan Oppo dan Tingkat Pemahaman Pesan Iklan Oppo Dengan Minat Beli Produk Oppo. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Sari, Marlina. 2017. Hubungan antara Brand Awearness dengan Brand Ambassador Mischief Denim. Prodi Manajemen Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Ulfa, Maria. Efektivitas Instagram Dalam Mempromosikan Penjualan Kamar Batiqa Hotel Pekanbaru. 2018. E-Journal “JOM Fisip†Vol. 5 No. 1.

Indrawati, Komang Ayu Pradnya. Sudiarta, Nyoman. Suardana, Wayan. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facbook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-oleh Khas Bali. 2017. E-Journal “Analisis Pariwisata†Vol. 17 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18241

Flag Counter   Â