Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan

Shelly Nurdini, Dede R. Oktini

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the implementation of Customer Satisfaction and Confidence carried out by the Strawberry jln salon. Sudirman Bandung, to know the response of respondents regarding Customer Satisfaction and Trust that is done, to know the responses of respondents regarding Customer Loyalty, to find out the influence of Satisfaction on Customer Loyalty, to find out the influence of customer trust on customer loyalty, and to find out the influence of satisfaction and trust customer loyalty. The research method used is a survey method, this type of research is descriptive verification. The sampling technique used is non probability. The population in this study was 95 respondents who used Strawberry salon services. Data collection techniques used were questionnaires. Data analysis method used is multiple linear analysis to determine the direction of the relationship between the independent variable (X) with the dependent variable (Y). The test results state that the Satisfaction variable has a significant effect on Customer Loyalty and the Customer Confidence variable partially has a significant effect on Customer Loyalty. And silmutan variable Customer Satisfaction and Trust has a significant effect on Customer Loyalty at Strawberry Salon.

Keywords: Satisfaction, Customer Trust in Customer Loyalty

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan yang dilakukan oleh salon Strawberry jln . Sudirman Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan yang dilakukan, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Loyalitas Pelanggan, untuk mengetahui besar pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan, untuk mengetahui besar pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui besar pengaruh kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 responden yang menggunakan jasa pelayanan salon Strawberry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independent (X) dengan variabel dependent (Y). Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel Kepuasan secara persial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan variabel Kepercayaan pelanggan berpengaruh secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dan secara Silmutan variabel Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan di Salon Strawberry.

Kata Kunci: Kepuasan, Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan


Keywords


Kepuasan, Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran & jasa . Bandung : Alfabeta .

Arifin, M. R. (2015). Pengaruh nilai pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Bukalapak. 108-123.

Bahrudin, M. (2015). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan . Bisnis Vol.3 No.1 , 1-17.

Bulan, T. P. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Tiki jalur Nugraha Ekakurir Agen kota Langsa . Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol.5 No.2, 592-602.

E.Kalalo, R. (2013). Customer relationship management dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen PT. Matahari Dept. store Manado. EMBA. Vol.1 No.4, 1553-1561.

Hermawan, H. (2015). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan dan loyalita konsumen dalam pembelian roti Ceria di Jember . Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.1 No.2 , 143-161.

Hidayat, R. (2015). Pengaruhkepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian lampu philips . Ecodemica. Voll III No.1 , 305-310.

Hurriyati. (2005). Bauran pemasaran dan Loyalitas konsumen . Bandung : Alfabeta .

Ismail. (2014). strategi pemasaran untuk membangun citra dan loyalitas merek . Kota Kediri : IPB Press.

Laely, N. (2016). Analisis pengaruh kepercayaan dan Harga terhadap loyalitas dimediasi kepuasan pada PT. Telkomsel di kota Kediri . Jurnal ekonomi & Manajemen Vol.3 No.2, 61-74.

Lovelock, C. (2012). Pemasaran Jasa. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2017). Pemasaran Jasa . Tangerang selatan : Universsitas Terbuka .

Nugroho, W. A. (2017). pengaruh kenyamanan dan kepercayaan produk terhadap loyalitas pelanggan studi kasus Go-jek di Bandung. e-proceeding of applied scrience Vol.3 No.3 , 1115-1121.

Margaretha. (2015). Pengaruh regresi liniear berganda untuk menganalisis pendapatan petani kelapa (studi: petani kelapa di Desa Beo). Jcd Vol 4 No.2 .

Pupuani, N. W. (2015). pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dan pelilaku pembelian ulang . 683-702.

Purba, J. I. (2018). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan studi kasus indihome . e-proceeding of applied science, 1124-1128.

Sidharta, I. (2015). pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada E-Commerce. Jurnal computech & Bisnis , 23-36.

Sugiyono. (n.d). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Syafiza, Y. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dan kepercayaan untuk meningkatkan repurchase studi pada Lazada.co.id. e-proceeding of management Vol.5 No.3 , 3210-3215.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik . Yogyakarta: Andi .

Trisusanti, Y. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bri Syariah kantor cabang Pekanbaru. Jom Fisip Vol.4 No.2 , 1-16.

Widiyanto. (2013). pengaruh kualitas pelayanan kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada swalayan Luwes Purwodadi). jurnal manajemen dan bisnis, Vol 2 No. 3.




Flag Counter