Pengaruh Experiential Markering dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan

Nadifa Agustina, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract .The purpose of this study was to study the implementation of Experiential Marketing carried out by the DNF AutoService Bandung car workshop, to find out Customer Satisfaction in the DNF AutoService Bandung car workshop, to find out Customer Loyalty in the DNF AutoService Bandung car workshop and to find out more about Experiential Marketing and Satisfaction Customers to Customer Loyalty. The method used is the survey method and the sample collection technique is non-probability. This type of research is quantitative verification. The population in this study were consumers of Bandung Keeper Shop. The sample taken was 90 respondents. The data analysis method used is multiple linear analysis to determine the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable. The results of this test state that the Experiential Marketing variable has a significant effect on Customer Loyalty, and the partial Customer Satisfaction variable significantly increases Customer Loyalty. And Stimulatively the Experiential Marketing and Customer Satisfaction variables significantly influence Customer Loyalty in the DNF AutoService Bandung car workshop.

Keywords : Experiential Markering, Customer Satisfaction in Customer Loyalty

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Experiential Marketing yang dilakukan oleh bengkel mobil DNF AutoService Bandung, untuk mengetahui Kepuasan Pelanggan di bengkel mobil DNF AutoService Bandung, untuk mengetahui Loyalitas Pelangga pada bengkel mobil DNF AutoService Bandung dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan.Metode yang digunakan adalah metode survei dan teknik penarikan sample adalah  non probability. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Kiper Bandung. Sample yang diambil adalah 90 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variable independen (X1) dan variable independen (X2) dengan variable dependen.Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variable Experiential Marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dan variable Kepuasan Pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dan Secara Stimultan variable Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada bengkel mobil DNF AutoService Bandung.

Kata Kunci : Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan


Keywords


Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Bimo Taufan Perwira, E. Y. (2016). Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasaan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Transaksi Pembelian Online Dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol. 38 No.2 September 2016, 46-54.

Januar.T.Oeyono, D. D. (2013). Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Variabel Di Tator Cafe Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, (2013) 1-9, 1-9.

Lupiyoadi, R. (2017). Pemasaran Jasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Muhammad Bahrudin, S. Z. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 2-17.

Nila Kasuma Dewi, S. G. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion Di Kota Padang ( Studi Kasus Di Pt. Unilever Cabang Padang ) . Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2, Mei 2012, 11-29.

Ramenusa, O. (2013). Kualitas Layanan dan Kepuasn Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. DGS Manado. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 2013, 1193-1202.

Reymond Setiabudi Hadiwidjaja, D. D. (2013). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN VOL 2, No. 2, 1-11.

Rotsmi Natalia Lopumeten, S. K. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Restoran Imperial Resto Di Kota Ambon). Jurnal SOSOQ Volume 6 Nomor 1, 2018, 34-50.

Rotsmi Natalia, L. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Restoran Imperial Resto Di Kota Ambon). Jurnal SOSOQ Volume 6 Nomor 1, Februari 2018, 34-50.

Sugiyono. (n.d). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta,CV.




Flag Counter