Analisis Kualitas Layanan Pendidikan dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Diagram Kano untuk Meningkatkan Kepuasan Siswa

Hamzah Hamzah, Tasya Aspiranti

Abstract


Abstract. This study aims to find out how the quality of current education services at Al-Ukhuwah school in Subang Regency and how the quality of its services using Service quality methods and canoe models. This research method is qualitative descriptive. Data collection techniques used in this study were observations, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques used are Service quality methods and canoe models. The results showed that the Service quality used by Al-Ukhuwah school in Subang District currently uses Service quality methods and canoe models with 31 statement attributes, the Service quality used today is not optimal in reducing the number of students in a long time. After doing research using the Service quality method there are 8 attribute statements that still need to be corrected and in the canoe model each of the categories has a different service category. In the category M (must be) there are 14 attributes. In category A (attractive) there are 5 attributes. In the O (one-dimensional) category there are 12.

Keywords: Service quality, Service quality method, canoe model

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan pendidikan saat ini pada sekolah Al-Ukhuwah Kabupaten Subang dan bagaimana kualitas layanannya dengan menggunakan metode Service quality dan model Kano. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Service quality dan model Kano. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang digunakan sekolah Al-Ukhuwah Kabupaten Subang saat ini menggunakan model metode Service quality dan model Kano dengan jumlah atribut pernyataan sebanyak 31, kualitas pelayanan yang digunakan saat ini belum optimal dalam mengurangi jumlah siswa yang banyak dan waktu lama. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Service quality terdapat 8 atribut pernyataan yang masih harus diperbaiki dan didalam model Kano masing-masing dari kategori memiliki kategori layanan yang berbeda. Pada kategori M (must be) terdapat 14 atribut. Pada kategori A (attractive) terdapat 5 atribut. Pada kategori O (one-dimensional) terdapat 12.

Kata Kunci : kualitas pelayanan, metode Service quality, model Kano


Keywords


kualitas pelayanan, metode Service quality, model Kano

Full Text:

PDF

References


Heizer, e. Al. 2017. Operation Management 12th ed.

Heizer, Jay & Barry Render. 2016. Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Render, H. J. D. B., & Heizer, J. (2009). Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9. Jakarta, Salemba, 4.

Wijaya Tony, 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta: Ptindeks




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17498

Flag Counter   Â