PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL OPTIMUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Aktiva dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Optimum pada Perusahaan Industri Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2008-2013. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahunan 11 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis secara parsial dan simultan.
Kondisi Struktur Aktiva dan Pertumbuhan pada perusahaan makanan dan minuman periode tahun 2008-2013 berfluktuasi, dan Struktur Modal Optimum pada perusahaan makanan dan minuman periode tahun 2008-2013 juga berfluktuasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda yang terbentuk adalah Struktur Aktiva dan Pertumbuhan penjualan positif terhadap Struktur modal Optimum. Koefisien korelasi secara simultan sebesar 0,438, dan koefisien determinasi sebesar 0,192 dan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan Struktur Aktiva dan ppertumbuhan Penjualan berpengaruh terhadap Struktur Modal optimum. Sebaiknya, perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI meningkatkan tingkat Struktur Aktiva dan Pertumbuhan Penjualan agar Struktur Modal perusahaan dapat di Optimumkan.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
James C, Van Horne dan John M. Machowicz. 2005.Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Salemba Empat
Ikatan Akuntansi Indonesia.2007.Standar Akunansi Indonesia. Edisi 2007. Jakarta: Salemba Empat
Weston, J.F dan Copeland, T.E. 1997. Manajemen Keuangan. Edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Empat
Brigham, E. & Houston, J. F. 2006. Dsar-Dasar Manajemen keuangan. Jakarta : Salemba Empat
Rajan, G.R., dan Zingales, L. 1995. What do we know about capital structure? Some evident from international data, Journal of Finance, Des: 14121-14160
Carter, T. Barton., et al., 1989. The First Amendment and the Fifth Estate, Regulation of Electronic Mass Media, Second Edition, The Foundation Press, Inc., New York
Dermawan, Sjahriah. 2014. Manajemen Keuangan Lanjutan. Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi keempat. Yogyakarta: BPFE
Brigham, Eugene F. dan I.C. Gapenski. 1996. Intermediate Financial Managememt. Fifth Edition. New York: The Dryden Press.
Copeland, Thomas E, and J. Fred Weston. 1987. Financial Theory a Coorporate Policy. Third Edition. New York: The Dryden Press.
Atmaja, Lukas Setia, 1999. Manajemen Keuangan, Edisi 2, Andi Offset, Jakarta.
Syamsuddin, Lukman, 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan : Konsep Aplikasi dalam : Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan, Edisi Baru, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Weston dan Brigham, 2005. “Dasar-Dasar Manajemen Keuanganâ€, Erlangga: Jakarta
Titman, Sheridan, dan Roberto Wessels. 1988. The determinant of capital structure choice, Journal of Finance, March 43 (1):1-19.
Chen, Ying Hong and Klaus Hammes. (2003). Capital Structure, Journal of Accounting and Public Policy 19, 427-431
Siegel, J G., & Shim, J. K. 2000. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta: Gramedi
Munawir, 1995, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat Cetakan Kelima, Liberty Jogya, Yogyakarta.
Ikatan Akuntansi Indonesia, 2007, Prinsip Akuntansi Indonesia 1984, Rineka Cipta:Jakarta.
Ikatan Akuntansi Keuangan. (2004). Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).
Handoko,T Hani dan Basu Swastha. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jakarta : Gramedia
Weston, J. F. dan Copeland, T. E. 1997. Manajemen Keuangan, Edisi Sembilan. Jakarta: Penerbit Bina Rupa Aksara
Kaaro, Hermeindito. (2003). Prediksi Struktur Modal Berbasis Pecking Order Theory Pada Kondisi Ekonomi Normal dan Ekonomi Krisis. Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, No. 28 (Januari-April), 51-66.
Rochaety, Ety et.al, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS, Edisi Revisi, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Keown, Arthur J., et al., 2000. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
Hayuning D, Trisna. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal. Skripsi. Universitas Diponegoro
Oktaviani. Goey Lilian & Malelak, Mariana Ing. 2014. Analisa Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Perusahaan, Surabaya: Universitas Kristen Petra Program Studi Manajemen Keuangan
I Putu Andre Sucita Wijaya dan I Made Karya Utama 2014. perngaruh profitabilitas, struktur aset, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal serta harga saham.
Saidi. 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Subhanandita S, Yudha. 2012. Pengaruh Fixed Tabgible Asset, Profitabilitas, Firm Size, Growth Sale, Deviden Payout Ratio dan Kepemilikan Institutional Terhadap Struktur Modal. Skripsi, Universitas Padjajaran
Warzuqni, Arli. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public. Skripsi, Universitas Diponegoro
Rahmawardani, Yulinda. 2007. Analisis Pengaruh Aspek Likuiditas, Profitabilitas, Resiko bisnis dan Pertumbuhan PenjualanTerhadap Struktur Modal Perusahaan. Skripsi, Universitas Diponegoro
Febriminanto, Raden David. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI. Skripsi, Universitas Indonesia
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Ghazali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis MultivariateDengan Program. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS, Edisi Ketiga Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Gujarati, Damodar N., 2012. Dasar-dasar Ekonometri, Alih Bahasa: Julius A. Mulyadi, Erlangga, Jakarta
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1718
  Â