Pengaruh Store Atmosphere dan Food Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Udin Ramen di Tamansari Bandung

Muhammad Ilham Hambali, Nina Maharni

Abstract


Abstrack. This research aims to find out the application of Store Atmosphere and Food Quality offered at Udin Ramen Tamansari Bandung, to find out the responses of respondents regarding the Store Atmosphere and Food Quality offered, to find out the response of the respondent concerning the purchasing decision, to find out how big the influence of store atmosphere toward the purchasing decision, to find out how big the influence of food quality toward the purchasing decision, and to find out how big the influence of store atmosphere and food quality toward the purchasing decision. This method used is a survey method, this type of research is verification quantitative. The sampling technique used is accindental sampling. The population in this study were 100 respondents. Data analysis methods used is the multiple linier regression to know the direction of relationship between independent variable with dependent variable. The results of this study indicate there is a significant partial effect between Store Atmosphere on purchasing decisions on Udin Ramen Tamansari Bandung. there is a partial significant effect between food quality on purchasing decisions, and there is a simultaneous influence between store atmosphere and food quality on purchasing decisions.

Keyword : Store Atmosphere, Food Quality, Purchase Desicion

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Store Atmosphere dan Food Quality yang ditawarkan di Udin Ramen Tamansari Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai Store Atmosphere dan Food Quality yang ditawarkan, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai keputusan pembelian, untuk mengetahui besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui besar pengaruh food quality terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui besar pengaruh store atmosphere dan food quality terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode  survey, jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda unduk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependent. Hasil penelitian ini menunjukan Terdapat pengaruh secara parsial signifikan antara Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Udin Ramen Tamansari Bandung, terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara food quality terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh secara simultan antara store atmosphere dan food quality terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci : Store Atmosphere, Food Quality, Keputusan  Pembelian


Keywords


Store Atmosphere, Food Quality, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Agmasari.(2018).Retrievedfrom https://travel.kompas.com/read/2018/02/06/185000027/industri-kuliner-penopang-tertinggi-perekonomian-kreatif-di-indonesia.

Agustin, A. (2019). Retrieved from http://www.infobdg.com/v2/tempat-makan-ramen-udon-dan-soba-recommended-di-bandung/.

Ahmad A, A. -T. (2015). The Effect of Service and Food Quality on Customers Satisfaction and Hence Customers Retention. Asian Social Science, Vol. 11(No. 23).

Aina, N., Fikry, A., & Zainuddin, A. (2016). The Imapct Of Store Atmospherics, Peceived Valiue and Customers Satisfaction on Behavioral Intention. Procedia Economic and Finance, Vol. 37, pp 538-544.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Kaya.

Assauri, S. (2014). Manjemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Berman, B., Chatterjee, J. R., & Partali. (2018). Entitled Retail Management : A Strategic Approach. United States: Pearson Education.

Dessyana, C. J. (2013). Store Atmosphere Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal EMBA, Vol.01(NO.03), pp 844-852.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multi Pariet Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Depenogoro.

Hoassin, M., Kabir, S., & Rezvi, R. I. (2017). Influence of Word of Mouth on Consumer Buying Decision: Evidence from Bangladesh Market. European Journal of Business and Management, Vol.09(No .12).

Ika, S. (2018). Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian Warak Koffie Purwokerto. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, Vol. 07(No. 02).

Irana, D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, Vol. 05(No. 01), pp 15-24.

Kanuk, S. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mie Instan Merek Indomie. Jurnal Ilmu Admisnitrasi.

Kartin, l., Setyorini, & Mashayono. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian DI Reastora Javana Bistro Bandung. Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol : 03(NO.1), 246-256.

Kisang, R., & Heesup, H. (2012, Auguste). INFLUENCE OF THE QUALITY OF FOOD, SERVICE, AND PHYSICAL ENVIROMENT ON CUTOMER SATISFACTION AND BEHAVIORAL INTENTION IN QUICK-CASUAL RESTAURANTS: MODERATING ROLE OF PERCIVED PRICE. Journal of Hospitality & Tourism Risearch, Vol. 34(No. 03), 310-329.

Kolter, & Keller. (2016). Marketing Management . Boston: Pearson Education.

Kurniawan, F. Y., & Devilia, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorous Industries di Kota Bandung. Proceding of Management, Vol.04(No.01).

Levy, M., & Weiz, B. (2012). Retailing Management . New York : Mc Graw-Hell/Irwin.

Marinie,E.(2019,01).Retrievedfrom https://www.emaronie.com/2019/01/nikmatnya-ikkudo-ichi-spesialis-ramen.html.

Mary, G., & Karen, G. (2010). Who will Direct Hospital Food Services Departments in the Future? Journal of Food Services Management and Education, Vol. 04(No .01), pp 1- 4.

Nazir. (2014). Metodologi Penelitian. bogor: Galia Indonesia.

Nesia, j. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Morning Glory Cafe Kesatriaan Bandung 2017). e-Proceeding of Applied Science, Vol.03(No.02).

Nofiawaty, & Yuliandi, B. (2014). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap keputusan pembelian Konsumen Pada Outlete Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.12(No.01).

Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Tehadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajement Maranatha, Vol. 16 (No. 02), pp 133 - 212.

Santoso, E. J. (2016). Pengaruh Food Quality, Service Quality,Price Prmotion dan Customer Satisfaction Terhadap Repeat Puscahase Intention Restoran Solaria. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 53(No. 12), pp 70-87.

Saputri, E. M. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Vol.16(No. 02).

Setyanto, L. E., Arifin, Z., & Sunarti. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple iPhone pada Mahasiswa/Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.46(No.02).

Siregar, A. G., & Widodo, A. (2018). Pengaruh Periklanan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Study Pada Konsumen Nasi Goreng Mafia di Kota Bandung). e-proceding of Management, Vol.05(No.01).

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sunarti, Magfiroh, & Arifin., Z. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 40(No. 01).

Syahputra, & Katarika, D. M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffe Shop di Bandung. Jurnal Ecodemica, Vol. 01(No. 02).

Trakulmaykee, Benrit, P., & Numtip. (2016). The Relationship among Food Quality, Services Quality, Physical Enviroment and Customers Satisfaction in Thai Dining Restaurant in Malaysia. Journal of Management Sciences, Vol. 03(No. 01).

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Binsis Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.

Wahyu, D., Setyaningsih, & Sumaryanto. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Makanan, Harga dan Suasana Restoran Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 17, pp 264-272.




Flag Counter