Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan dan Prediksi Kebangkrutan Keuangan pada Perusahaan Asuransi Konvensional dan Syariah Periode 2014-2017

Ramdan Mardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan asuransi konvensinal dan syariah pada periode 2014-2017, serta perbandingan prediksi kebangkrutan keuangan perusahaan asuransi konvensional dan syariah pada periode 2014-2017, dengan menggunakan rasio-rasio keuangan dan metode Altman Z-Score. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu Studi Kepustakaan, Survei Data Litelatur dan Studi Lapangan. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel yaitu 4 (empat) perusahaan asuransi konvensional dan syariah. Teknik statistik yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini menggunakan paired sample t-test dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian kinerja keuangan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja perusahaan asuransi konvensional dan syariah yang dilihat dari rasio UR dan IYR, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja perusahaan asuransi konvensional dan syariah yang dilihat dari rasio RBC, CR, LLAR dan ITR periode 2014-2017. Sedangkan hasil penelitian prediksi kebangkrutan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prediksi kebangkrutan keuangan perusahaan asuransi konvensional dan syariah yang dilihat dari metode Altman Z-Score periode 2014-2017.


Keywords


Kinerja Keuangan, Prediksi Kebangkrutan Keuangan, Asuransi Konvensional dan Syariah

Full Text:

PDF

References


Altman, J. Hartzell, and M. Peck. 1995. Emerging Markets Corporate Bonds: A Scoring System. New York: Salomon Brothers Inc.

Darmawi, Herman. 2001. Manajemen Asuransi. Jakarta: Bumi Aksara.

Darsono dan Ashari. 2010. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: ANDI.

Drs. S. Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Dwi, Prastowo. 2011. Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Eugene & Enny. 2006. Budgeting: Basics and Beyond, Second Edition. New Jersey-USA: John Wiley & Sons Inc.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. PSAK 28: Akuntansi Kontrak Asuransi Kerugian. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lesmana dan Surjanto. 2004. Financial Perfomance Analyzing (Pedoman Menilai Kinerja Keuangan untuk Perusahaan Tbk, Yayasan, BUMN, BUMD dan Organisasi lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Melissa. 2007. “Analisa Pengukuran Kinerja Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa berdasarkan Metode Batas Tingkat Solvabilitas Minimum PT. Asuransi Jiwasraya”, Jurnal Universitas Gunadarma.

Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Presiden Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No. 37 tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Setiadi, Edi. 2017. Berapa Pangsa Pasar Asuransi Syariah di RI? Ini kata OJK, tersedia di https://finance.detik.com/moneter/d-3487655/berapa-pangsa-pasar-asuransi-syariah-di-ri-ini-kata-ojk [Sabtu, 29 Apr 2017 18:16 WIB]

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Sundjaja Ridwan S. dan Inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan I. Edisi Kelima. Jakarta: Literata Lintas Media.




Flag Counter