PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN PADA DISTRO BLOODS INDUSTRY DI BANDUNG

Ajie Pratama, Ajie Pratama

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Promosi Penjualan yang dilakukan oleh Bloods Industry Bandung, untuk mengetahui tanggapan konsumen tentang Promosi Penjualan yang dihasilkan oleh Bloods Industry Bandung, untuk mengetahui Loyalitas Konsumenproduk terhadap Bloods IndustryBandung, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Konsumen produk di Bloods IndustryBandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang pernah membeli produk di Bloods IndustryBandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan anatara variabel independen dengan variabel dependen.

Bloods Industry menerapkan strategi Promosi Penjualan dengan mengukur tanggapan konsumen mengenai Promosi Penjualan Bloods Industry Bandung, dapat dikatakan cukup baik. Tanggapan mengenai Loyalitas Konsumen di Bloods Industry Bandung, dapat dikatakan cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Konsumen di Bloods Industry Kota Bandung.

 

Kata Kunci: Promosi Penjualan, Loyalitas Konsumen, dan Produk.

 

Abstract

 

The purpose of this study was to find out the application of Sales Promotions conducted by Bloods Industry Bandung, to find out consumer responses about Sales Promotions produced by Bloods Industry Bandung, to determine Consumer Loyalty products towards Bloods Industry Contents, and to find out how much influence Sales Sales have on Consumer Loyalty products at Bloods IndustryBandung.

The research method used is the survey method. The type of research carried out is verification. The sampling technique used is incidental sampling. The sample in this study were 100 respondents who had bought products at Bloods IndustryBandung. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis method used is Simple Linear Regression Analysis to determine the direction of the relationship between the independent variables and the dependent variable.

Bloods Industry applies a Sales Promotion strategy by measuring consumer responses regarding Bloods Industry Sales Promotion Bandung, which can be said to be quite good. Responses to Consumer Loyalty at Bloods Industry Bandung, can be said to be quite good. The results of this study indicate the influence of Sales Promotion on Consumer Loyalty in Bloods Industry, Bandung City.

 

Keywords: Sales Promotion, Consumer Loyalty, and Products


Keywords


Promosi Penjualan, Loyalitas Konsumen, dan Produk.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnold, D. 1992. The Handbook Of Brand Management The Economist Books. International Management Series. Massachusetss: Perseus Books.

Basu, Swastha. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Engel et.al, 2002, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Ghozali, I. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Bandung, 2006.

Kasmir,Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta, 2012.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis,Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Selemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Nanang Tasunar. 2006. Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Marodemak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.

Parasuraman, A., V.A.Zeithaml, dan L.L. Berry, 1985, “A Conseptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Researchâ€, Journal of Marketing, Vol.49 No.4.

Peter,P.J.dan Olson, J.C. 2010. Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: The Mc Graw-Hill.

Rusman, Tedi. 2014. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Edisi Revisi 5. Bandar Lampung.

Sayless R. Leonard dan Strauss George. 2005. Personel: The Human Problem Of Management. New Delhi: Half of India.

Simamora B., 2014, Riset Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jaakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Subihaini. 2001. Analisis Konsekuensi Kualitas Layanan pada Perilaku Konsumen. Jurnal Bisnis Strategi (JBS) : Vol. 8, Des 2001/Th,VI, 2002 p.99,2001.

Sudarmanto R. G., 2005. Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiharto, 2013. Teknik Sampling, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, 2006, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, 2011, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andi 2011, prinsip- prinsip total Quality Service. Yogyakarta : Penerbit Andy

Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta.

Zeithaml, L. Valerie A., 1988, “Consumer Perceptions of Price, Quality, andValue: A Means End Model and Synthesis of Evidenceâ€, Journal ofMarketing, Vol. 52, July, pg. 2-22.

Zeithaml, L. Valerie A., Parasuraman, A., Berry, Leonardo L., 1988, “Servqual; A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Qualityâ€, Journal and Retailing, Vol. 64, Spring, pg. 12-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16163

Flag Counter   Â