Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung

Lia Muhibatul Aliyah, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. For the financial sector, technological innovation is actually not a new phenomenon. Although internet users in Indonesia are increasing every year, the use of financial technology for access to banking services in Indonesia is still relatively low, this is due to low financial access and low financial literacy. Based on this phenomenon, the problem in this study is the extent to which the influence of technology-based financial services on the financial literacy of the Dago Atas community, Bandung, either partially or simultaneously? This study uses a type of quantitative approach and the type of data used is primary data. The sampling technique used was purposive sampling. The population in this study were the people of Dago Atas, Bandung, which numbered 629 people, the number of samples that could be taken were 86 people. The results showed that there was a positive influence on the perception usefulness and perceptions the ease of use of financial literacy in the Dago Atas community, Bandung. This is evidenced by the calculated F value greater than F table (3.371> 3.11), with a significance value smaller than 0.05 (0.039 <0.05).

Keywords: Fintech, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Financial Literacy

 

Abstrak. Bagi sektor keuangan, inovasi teknologi sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Meskipun pengguna internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun pemanfaatan teknologi finansial untuk akses ke layanan perbankan di Indonesia masih relatif rendah, hal ini disebabkan rendahnya akses keuangan dan rendahnya literasi keuangan. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh layanan keuangan berbasis teknologi terhadap literasi keuangan masyarakat Dago Atas, Bandung baik secara parsial atau simultan ?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah  yaitu masyarakat Dago Atas, Bandung yang berjumlah 629 orang, jumlah sampel yang dapat diambil sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Literasi Keuangan pada Masyarakat Dago Atas, Bandung. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (3,371 > 3,11), dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05).

Kata kunci: Fintech, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan


Keywords


Fintech, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Literasi Keuangan

Full Text:

PDF

References


E. DAFTAR PUSTAKA

Aaron, M., Rivadeneyra, F., dan Sohal, S. (2017). “Fintech: Is this time different? A framework for assessing risks and opportunities for Central Banks. Bank of Canada Staff Discussion Paper 2017-10 (July)â€. Canada: Bank of Canada.

Arner, D.W., Barberis, J., dan Buckley, R.P. (2015). “The evolution of FinTech: A new post-crises paradigm?â€. University of Hong Kong.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Marzuki, Peter Mahmud. (2016). Penelitian Hukum. Cetakan ke-12. Jakarta: Kencana.

Palma, M.A., dan Anik L. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, dan Harga terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen. Vol. 16, No. 1, Januari – Juni (Semester 1) 2016. Halaman 84-104.

Potrich, A.CG., Kelmara, M.V., dan Wesley, M.D. (2016). “Development Of A Financial Literacy Model For University Studentsâ€. Management Research Review. Vol. 39 Iss 3.

Raies, Ahmad., Rifat, Ara., dan Dr. Altaf. (2013). “Customer attitude and factors influencing users acceptance of ebanking in J&Kâ€. International Journal of business and Management Invention. Vol. 2.

Siregar, A. (2016). Financial Technology Tren Bisnis Keuangan Ke depan. Infobanknews.

Tirtana, Irwan., dan Sari, Shinta Permata. (2014). “Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Bankingâ€. Syariah paper FEB-UMS.

Ulfatun, Titik., Udha, Umi Syafa’atul., dan Dewi, Rina Sari. (2016). “Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014â€. Pelita, Vol. XI No. 2, Agustus 2016, 1-13.

Widiyanto, I dan Prasilowati, S.L. (2015). “Perilaku Pembelian Melalui Internetâ€. JMK, Vol. 17. No. 2. September 2015. 109-112.

_______. International Trade Administration. (2016). “2016 Top Markets Report Financial Technologyâ€. USA: ITA.

_______. National Digital Research Centre. (2014). "So what is FinTechâ€. https://www.ndrc.ie/. Diakses pada 29 Agustus 2018.

_______. OJK. (2016). Siaran Pers OJK : “Indeks Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Meningkatâ€. https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx. Diakses pada 01 September 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16002

Flag Counter   Â