OPTIMASI BAURAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRAFIS UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUK YANG OPTIMAL (KASUS PADA CV. HOKI PRODUCTION DI BANDUNG)

Anto Febrianto, Tasya Aspiranti, Popie Sofiah

Abstract


CV. HOKI production adalah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi lebih jelasnya dalam memproduksi pakaian jadi, dengan produk utamanya adalah kaos. Kaos tersebut terdiri dari kaos pria dan wanita, kedua produk inilah yang dijadikan subyek penelitian.

Faktor terpenting dalam proses produksi diantaranya bahan baku, mesin yang digunakan, dan sumber daya manusia. Masalah yang dihadapi dalam proses produksi adalah merencanakan produk yang tepat dengan menggunakan sumber daya manusia yang terbatas dalam setiap tahapan produksi. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian mengenai Optimasi Bauran Produksi dengan Menggunakan Metode Grafis Untuk Menentukan Jumlah Yang Optimal : Pada kasus CV. HOKI production di Bandung.

CV. HOKI production menghasilkan rata-rata produksi perbulannya pada bulan agustus sampai dengan bulan desember 2014 sebanyak 4560 unit, dengan kombinasi produk kaos pria 2490 unit dan kaos wanita sebanyak 2070. Kombinasi produk yang terjual adalah 3650 unit, untuk kaos pria 2100 dan kaos wanita sebanyak 1550 unit dengan total keuntungan Rp. 153.750.000,-. Hasil produksi dan total penjualan yang diperoleh CV. HOKI production per bulan setelah menggunakan Metode Grafis yaitu 3750 unit kaos, dengan kombinasi produk kaos pria sebanyak 2250 unit dan kaos wanita sebanyak 1500 unit dengan total keuntungan per bulan yaitu sebesar Rp. 157.500.00,-

 


Keywords


Metode Grafis, Kaos Pria dan Kaos Wanita

References


Aminudin. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Penerbit Erlangga

Assauri, Softjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Jakarta: Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2004. Prinsip - prinsip Manajemen Operasi. Edisi Ketuju.Jakarta: Salemba Empat.

Irfan fahmi. 2014 . Manajemen Operasi dan Produksi. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Muhardi. 2011. Manajemen Operasi: Suatu pendekatan Kualitatif untuk Pengambilan Keputusan. Refika Aditama. FE-Unisba. Bandung

Tjutju Tarliah Dimyati dan Akhmad Dimyati. 2004. Operation research. CV Sinar Baru Algesindo, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1589

Flag Counter   Â