Pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Rattlekidd Bandung

Helna Agustina, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The development of the culinary industry is currently progressing very rapidly. business development in the fashion industry requires that actors make product innovations to expand their market strategies in maintaining their business. This research aims to know the implementation of Product Design done by Rattlekidd distro Bandung, to know the price of Rattlekidd distro Bandung’s Product, to know Purchase Decision on Rattlekidd distro Bandung and to find how big the influence of Product Design and Price on Purchase Decision. The method that was used in survey method and technique of sample withdrawal is non probability accidental sampling. The type of this research is quantitative verification. The population in this research is consumers in Rattlekidd distro Bandung. The sample that has been taken are from 95 respondents. The data analysis method is multiple linear analysis that aims to determine the coherence direction between independent variable (X1) and independent variable (X2) with dependent variable. The result of this research indicate that Porduct Design variable partially have significant influence on Purchase Decision, and Price variable partially have significant influence on Purchase Decision. And simultananeously Product Design and Price variable have significant influence on Purchase Decision on Rattlekidd distro Bandung.

 

Keywords : Product Design, Price, Purchase Decision

 

 

Abstrak. Perkembangan industri kuliner saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. perkembangan bisnis dalam industri fashion mengharuskan para pelaku melakukan inovasi produk untuk memperluas strategi pasar mereka dalam mempertahankan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Desain produk yang dilakukan oleh distro Rattlekidd Bandung, untuk mengetahui harga produk distro Rattlekidd Bandung, untuk mengetahui Keputusan Pembelian pada distro Rattlekidd Bandung dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik penarikan sample adalah non probability accidential sampling. Jenis penelitian ini adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen distro Rattlekidd Bandung. Sample yang diambil adalah 95 orang responden. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis linear berganda bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen. Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Desain produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dan secara Simultan variabel Desain Produk dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada distro Rattlekidd Bandung.

Kata Kunci : Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian


Keywords


Desain Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Asshiddieqi, Fuad. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Crooz di distro Ultraa Store Semarang)

Abdurrahman, Nana Herdianadan Achmad Sanusi. 2015, Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung. CV Pustaka Setia

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bayu Januar Rachman. 2014. Analisis Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian yang di Mediasi oleh Citra Merek pada Study Customer Jolly Roger Distro. Diponegoro Of Management, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2014, Halaman 1-9.

Creusen, Marieâ€lle E.H and Jan P/I. Schoorans. 2005. The Differents Roles of Product Appearance in Consumer Choice. Netherlands. Departement of Product Innovation and Management, Landbergstaat.

Daryanto. 2013. Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Data subsektor ekonomi kreatif. Tersedia di (http:www.bekraf.go.id). Diakses 3 November 2018

Hasan, Ali. 2011. Marketing. Yogyakarta.: Media Utama.

Kotler and Gary Amstrong, 2013. Marketing an Introduction, 11th Edition, Pearson: Prentice Hall

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Putri, Dyah. 2017. Pengaruh Desain produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra, Bandar Kidul Kediri.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15850

Flag Counter   Â