ANALISI PENGARUH FAKTRO-FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM

Aditya dwi putra, H. Azib, Nurdin Nurdin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor – faktor Fundamental terhadap Harga Saham perusahaan  secara parsial maupun secara simultan, Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah Perusahaan yang masuk dalam kategori Jakarta Islamic Index (JII) yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, laporan keuangan yang dipakai adalah laporn keuangan per 31 Desember 2010 sampai dengan 31 Desember 2013.

Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 17 perusahaan, metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu koefisien determinan, uji F, dan uji T. Dalam penelitian ini,  faktor fundamental  terdiri dari  Debt equity ratio (DER),Return On Aset (ROA),Deviden Per Share(DPS),Price Book Value (PBV)dan di kaitkan dengan Harga Saham perusahaan yang di hitung mengunakan Closing Price sebagai indikatornya.

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor fundamental yang diteliti yaitu Deviden Per Share (DPS) dan Price Book Value (PBV)berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham sedangkan dua  varibal lainya yaitu Debt equity ratio (DER)dan Return On Aset (ROA) tidak memiliki pengaruh secara positif terhdapat harga saham dan signifikansecara persial. Persamaan regresi diperoleh faktor-faktor fundamental  berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap  harga saham yang di perkuat dengan Koefisien Determinasi yang menunjukan  73,9 %.  Nilai ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari variabel Faktor-faktor fundamental secara bersama-sama terhadaap Harga Saham.


Keywords


Debt equity ratio (DER),Return On Aset (ROA),Deviden Per Share(DPS),Price Book Value (PBV),Closing Price

References


Agus Sartono, 2001. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:BPEF-YOGYAKARTA.

Ali Arifin, 2002. Membaca Saham,Jakarta : PT Raja Gramedia.

Ang, Robert (1997), Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia “.Jakarta, Mediasoft Indonesia.

Ardi, A., Kiryanto dan Amalia D. (2008), “Overreaksi Pasar terhadap Harga Saham Perusahaan-perusahaan di Indonesia (Studi Kasus di Bursa Efek Indonesia)”, Makalah Simposium NasionalAkuntansi,di Pontianak 2008.

As’adah,luluk.2009. pengaruh january effect terhadap abnormal return dan volume perdagangan pada saham di jakarta islamic indek (jii).

Bambang, Riyanto, 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Bambang Riyanto, 1995, Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan, Edisi keempat, Yogyakarta, Yayasan Penerbit Gajah Mada.

BEJ”,Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 5, No. 2, Nopember 2003.

Burhanudin (2009), Pasar Modal Syari’ah, Cet. Pertama Yogyakarta: UII Press).

Dharmastuti, Fara.2004. ”Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Keuangan Terhada Harga Saham Perusahaan Go Pulbik di BEJ”. Jurnal Manajeman Vol 1 No.1. Jakarta Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya.

Fakhruddin,M.danM. Sopian Hadianto (2001),Perangkat dan Model Analisis Investasi PasarModal, Buku Satu. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang, : BP Universitas Diponegoro

Jogianto Hartono, 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, edisi kelima yogyakarta : BPFE.

Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2003. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YPKN

Mankiw, N Gregory. 2006. "The Macroeconomist as Scientist and Engineer." Journal of Economic Perspectives, 20(4): 29-46

Mardiyanto,Hartono.2009.inti Sari Manajemen keuangan (teori,soal,dan jawaban).Jakarta:Grasindo

Niswonger , C. R, Warren C.S and Reeve J.M . 1999.Prinsip-Prinsip Akuntansi, Jilid 1, Edisi 19, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ratnasari. 2003. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental, Volume Perdagangan dan Nilai Kapitalisasi Pasar terhadap Return Saham di BEJ (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur dan Perbankan). Tesis Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Sawir, Agnes, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sri Sudarsi. 2002. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividen Payout Ratio Pada Industri Perbankan yang Listed Di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.9, No.1, Maret. Hal. 76-88.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif CV.Alfabeta:Bandung.

Sunariyah. 2006. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Kelima,UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus, 2010, Portofolio dan Investasi teori dan aplikasi, EdisiPertama,KANISIUS,Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Keempat, Raja Grafindo Persada, Jakarta.




Flag Counter