Analisis Tata Letak untuk Meminimumkan Jarak Beban dan Biaya Operasional pada PT. Bonli Cipta Sejahtera Bandung

Gigin Rizqi Hadipraja, Tasya Aspiranti

Abstract


Abstract. This study aims to determine how to design alternative layouts of production facilities at PT. Bonli Cipta Sejahtera uses the load distance method and material handling cost to minimize the distance of the load and operational costs. This research method is descriptive quantitative. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and library research. Data analysis techniques used load distance and material handling methods.The results showed that by using the Load Distance Model method, in the alternative layout the amount of load transferred was 2,040 m.kg which was originally 6,240 m.kg meaning that the load distance efficiency was 32.7%. While for material handling costs, the operational cost efficiency is 67.3%.

Keywords: Load Distance, Material Handing Cost, Layout

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan tata letak (layout) alternatif fasilitas produksi di PT. Bonli Cipta Sejahtera dengan menggunakan metode load distance dan material handling cost untuk meminimumkan jarak beban dan biaya operasional. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan metode load distance dan material handling. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Load Distance Model, pada tata letak alternatif jumlah beban yang dipindahkan adalah sebesar 2.040 m.kg yang semula 6,240 m.kg artinya terjadi efisiensi jarak beban sebesar 32,7%. Sedangkan pada material handling cost terjadi efisiensi biaya operasional sebesar 67,3%..

Kata Kunci : Jarak Beban, Material Handing Cost, Tata Letak


Keywords


Jarak Beban, Material Handing Cost, Tata Letak

Full Text:

PDF

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15616

Flag Counter   Â