ANALISIS PENGARUH GOVERNANCE STRUCTURE, GOVERNANCE PROCESS DAN GOVERNANCE OUTCOME TERHADAP OPERASIONAL RISK

tri damayanti, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Governance Structure, Governance Process, dan Governance Outcome terhadap Operational Risk. Mengidentifikasi lebih dalam tentang risiko operasional dalam pelaksanaan GCG di perbankan dengan melihat dari Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO)  sebagai indikator risiko operasional yang terjadi dan diukur dengan 3 aspek Governance, yaitu Governance Structure, Governance Process, dan Governance Outcome. Hasil analisis menemukan bahwa GovernanceStructure yang diwakilkan oleh Komite Audit, Komite Remunerasi, dan Komite Pemantau Risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap BOPO. GovernanceProcess yang diwakilkan Jumlah pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap BOPO, sedangkan Jumlah Remunerasi berpengaruh signifikan terhadap BOPO. GovernanceOutcome yang diwakilkan Jumlah Penyimpangan Internal berpengaruh signifikan terhadap BOPO.


Keywords


Governance Structure, Governance Process, Governance Outcome, Operational Risk (BOPO).

References


Alhamdi, Ridha. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar Di BEI Tahun 2008-2010, skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Ali, Masyhud. 2006. Manajemen Risiko (Strategi Perbankan dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bringham, Eugene & F. Houston. 2006. Fundamental of functional management, alih bahasa oleh ali akbar yulianto, dasar-dasar manajemen keuangan, buku I, Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Salemba Empat.

Daniri, Mas Achmad. 2005. Good Corporate Governance (Konsep dan Penerapannya Dalam Konteks Indonesia), Jakarta: Ray Indonesia.

Dewi.K.retno dan Widagdo.Bambangâ€Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaanâ€Jurnal Universitas Muhammadiya Malang dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Kediri

Dunil, Z. 2005. Bank Auditing: Risk Based Audit Dalam Pemeriksaan Perkreditan Bank Umum, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Erlina & Mulyani, Sri. 2007. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, Medan: USU Press.

Erwan Dukat. 1999. Alat-Alat Analisa Laporan Keuangan.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariative dengan program SPSS, Edisi 3, Semarang: Badan Penerbiy Universitas Diponegoro.

Hardy, D. C. D. I. O., Holden, P., & Prokopenko, V. (2003). Microfinance Institutions and Public Policy. Policy Reform

Horne, James C. Van danJhon M. Wachowicz, Jr. 1998. Prinsip-prinsipManajemenKeuangan, Finance management polic.Jakarta: SalembaEmpat.

Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi VI, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Laporan Tahunan Bank Mandiri, www.bankmandiri.co.id

Laporan tahunan bank mega, www.bankmega.com

Laporan tahunan bank nisp, www.ocbcnisp.com

Laporan tahunan bank bni, www.bni.co.id

Laporan tahunan bank permata, www.permatabank.com

Laporan tahunan bank danamon, www.danamon.co.id

Marnov, Ninggolan. 2009. Analisis Pengaruh LDR, NIM, DAN BOPO Terhadap Roa, skripsi program sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Nazir M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2006 Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum.

Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2006 Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum.

Regar, Moenaf H. 2000. DewanKomisaris (Peranannya Sebagai Organ Perseroan), Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiarso, G dan Winarwi. 2006. Manajemen Keuangan. Cetakan kedua. Media Persindo ,Yogyakarta

Sugiono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeth.

Surat Edaran 15/15/DPNP Bank wajib melakukan penilaian sendiri (self assesment) atas tingkat kesehatan bank dengan pendekatan risiko (RBBR), baik secara individual maupun secara konsolidasi.

Susanto, Priyatna Bagus dan Imam Subekti. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1551

Flag Counter   Â