Analisis Sistem Antrian E-Claim dengan Metode Multi Channel-Multi Phase untuk Mengoptimalkan Layanan pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Lodaya Bandung

Monalisa Juwita Merierlita

Abstract


Abstract. Queues are almost unavoidable for getting services. The problem that occurs in Lodaya BPJS Employment Bandung Branch Office is the accumulation of participants in the queue. The purpose of this study was to determine the performance of the queuing system in e-claim Customer Service using the Multi Channel-Multi Phase method. This research is descriptive research. The tool used to process data and perform calculations is POM-QM software for windows. The results of the study indicate that activity levels occur on Tuesdays and Fridays. After adding service facilities, the average time spent by participants in the system (Ws) decreased on Tuesday from 62 minutes to 11 minutes and Friday reduced from 32 minutes to 11 minutes.

Keywords: Queue, Multi Channel-Multi Phase, Customer Service Officer

Abstrak. Antrian adalah hal yang hampir tidak bisa dihindari untuk mendapatkan sebuah pelayanan. Masalah yang terjadi di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Lodaya Bandung adalah adanya penumpukkan peserta dalam antrian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian pada Costumer Service Officer bagian e-claim dengan metode Multi Channel-Multi Phase. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Alat bantu yang digunakan untuk mengolah data dan melakukan perhitungan adalah software POM-QM for windows. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesibukan terjadi pada hari Selasa dan Jumat. Setelah dilakukan penambahan fasilitas pelayanan diperoleh perubahan waktu rata-rata yang dihabiskan seorang peserta dalam sistem (Ws) pada hari selasa berkurang dari 62 menit menjadi 11 menit dan hari jumat berkurang dari 32 menit menjadi 11 menit.

Kata Kunci: Antrian, Multi Channel-Multi Phase, Costumer Service Officer




Keywords


Antrian, Multi Channel-Multi Phase, Costumer Service Officer

Full Text:

PDF

References


Haming, Murdifin dan H. Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Heizer, Jay & Render, Barry. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi Sebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Jacobs, F. Robert, Chase, Richard B. 2015. Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.

Profil BPJS Ketenagakerjaan: http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ diakses pada tanggal 20 Februari 2018.

Tampubolon, Manahan. 2004. Manajemen Operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tim Dosen Manajemen Operasi. 2017. Modul Laboratorium Manajemen Operasi. Bandung: Universitas Islam Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15460

Flag Counter   Â