Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Jual terhadap Minat Beli (Survey Jasa Laundry Sepatu BPW Clean Bandung)

Tasya Andhini, Ratih Tresnati

Abstract


Abstract. The development of laundry shoes industry in the era of globalization promises opportunities and challenges in business. The challenge that will be faced by shoe laundry service manufacturers was understanding consumer behavior that is always changing and must be able to meet the needs and desires of each of the different consumers. BPW Clean is one of the shoe laundry service companies in Bandung, to increase consumer buying interest, the company designed a promotion mix and the appropriate price for the product. The purpose of this research was to determine the implementation of the Promotion Mix which conducted by BPW Clean, to find out about the price implementation who carried out by BPW Clean and to find out how much influence the Promotion Mix and Price have on Buying Interests. The method used is survey method and sampling technique is non-probability accidental sampling. This type of research is quantitative verification. The population in this research were BPW Clean consumers. The sample taken was 95 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis aims to determine the direction of the relationship between the independent variable (X1) and the independent variable (X2) with the dependent variable (Y). The results of this research said that the Promotion Mix variable who carried out by BPW Clean is in a very good category, the price applied in BPW Clean was in the very good category, and the Promotion Mix variable is partially significant effect on Buy Interest and Price variable partially has a significant effect on Buying interest. And simultan the Promotion Mix and Price variables have a significant effect on Buying Interest in BPW Clean.

Keywords: Promotion Mix, Price, Buying Interest.

Abstrak. Perkembangan jasa laundry sepatu di era globalisasi ini menjanjikan suatu peluang dan tantangan dalam berbisnis. Tantangan yang akan dihadapi oleh produsen jasa laundry sepatu adalah memahami perilaku konsumen yang selalu berubah-ubah serta harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap konsumennya yang berbeda-beda. BPW Clean merupakan salah satu perusahaan jasa laundry sepatu di Bandung, untuk meningkatkan minat beli konsumen, perusahaan merancang bauran promosi dan harga yang sesuai pada produk.      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Bauran Promosi yang dilakukan oleh BPW Clean, untuk mengetahui mengenai penerapan Harga yang dilakukan oleh BPW Clean dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Bauran Promosi dan Harga terhadap Minat Beli.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan teknik penarikan sampel adalah non probability accidental sampling. Jenis penelitian adalah verifikatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen BPW Clean. Sampel yang diambil adalah 95 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen (X1) dan variabel independen (X2) dengan variabel dependen (Y). Hasil pengujian ini menyatakan bahwa variabel Bauran Promosi yang dilakukan BPW Clean berada pada kategori sangat baik, Harga yang diterapkan di BPW Clean berada pada kategori sangat baik, dan variabel Bauran Promosi dinyatakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Dan secara simultan variabel Bauran Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli di BPW Clean.

Kata kunci : Bauran Promosi, Harga, Minat Beli.

 


Keywords


Bauran Promosi, Harga, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Artiar Anjani Handono, dan Bethani Suryawadani. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung (Studi Kasus Pada Hijab Scraf Elzatta Bandung Tahun 2018). Universitas Telkom: Bandung.

Bayu Dewangga Putra, dan Tri Indra Wijaksana. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Armor Kopi Bandung. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 1, ISSN: 2355-9357.

Diah Siti Utami. 2016. Pengaruh Promosi Penjualan, Kualitas Website, dan Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen The Body Shop (Studi Kasus di Jakarta dan Tanggerang Selatan). Universitas Islam Negeri.

Ekonomi.kompas.com (diakses tanggal 01 Nopember 2018)

Fitria Yulaiqah, dan Sri Widaningsih. 2018. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada PT Soka Cipta Niaga Bandung). Universitas Telkom: Bandung.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

I Gede Marendra. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, Dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket (Alfarmart atau Indomaret). Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol.1, No.3

Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Refika Aditama. Karimuddin.

Jonathan Hendioko. 2017. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring : Studi Kasus Pada Situs Internet Otten Coffee. JRMB, Vol. 12, No. 2.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 13 New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

M. Fakhru Rizky NST dan Hanifa Yasin. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnisa Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14, No. 02, ISSN: 1693-7619.

M. Maulana Dzikril Hakim. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 11, ISSN: 2461-0593.

Muhamad Arif Adeputra, dan Indira Rachmawati. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oppo Smartphone Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 3, ISSN: 2355-9357.

Revina Anisa Agnelia, dan Aditya Wardhana. 2016. Pengaruh Word of mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Baraya Travel Pool Buah Batu. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, Vol. 10, No. 2, ISSN 2443-0633.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15397

Flag Counter   Â