Analisis Perbandingan Kualitas Layanan dan Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional Sebelum dan Setelah Penerapan Internet Banking (Studi Kasus pada Pelayanan Internet Banking – BNI E-Banking)

Shalma Mulyani Sholehah, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. This study aims to examine and determine the quality of service and banking financial performance before and after the application of internet banking at BNI Bank (BNI E-Banking). The data used are primary data in the form of a questionnaire distributed to 80 respondents which are BNI E-Banking customers around the Bandung area and by using the Return On Asset approach and Return On Equity. The research variables used were independent variables in the form of service quality and financial performance before the application of internet banking, and service quality and financial performance after the application of internet banking. The analytical tool used is SPSS v.16. The data analysis used is a paired sample t-test which aims to test the hypothesis. The results of this study indicate a significant difference between service quality and financial performance before the application of internet banking with service quality and financial performance after the application of internet banking. This is indicated by the value of t arithmetic of 17.081 or in other words the probability of 0.000 <0.05.

Keywords: Service Quality, Financial Performance, ROA, ROE, Internet Banking, BNI E-Banking.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui kualitas layanan dan kinerja keuangan perbankan sebelum dan setelah adanya penerapan internet banking pada Bank BNI (BNI E-Banking). Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang disebar kepada 80 responden yang dimana adalah para nasabah BNI E-Banking di sekitar daerah Bandung dan dengan menggunakan pendekatan Return On Asset, dan Return On Equity. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel independen berupa kualitas layanan dan kinerja keuangan sebelum penerapan internet banking, dan kualitas layanan dan kinerja keuangan setelah penerapan penerapan internet banking. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS v.16. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji t (paired sample t-test) yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara kualitas layanan dan kinerja keuangan sebelum penerapan internet banking dengan kualitas layanan dan kinerja keuangan sesudah penerapan internet banking . Hal tersebut ditunjukkan  pada  nilai t hitung sebesar 17,081 atau dengan kata lain probabilitas 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kinerja Keuangan, ROA, ROE, Internet Banking, BNI E-Banking.


Keywords


Kualitas Layanan, Kinerja Keuangan, ROA, ROE, Internet Banking, BNI E-Banking. Service Quality, Financial Performance, ROA, ROE, Internet Banking, BNI E-Banking.

Full Text:

PDF

References


Assael, Henry. 2010. Perilaku Konsumen, Jakarta: Binapura Aksara.

Bank Indonesia. 1995. Surat Keputusan Direksi BI Nomor 27/164/KEP/DI tentang Internet Banking. Jakarta (ID): BI.

Bank Indonesia. 1998. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Jakarta (ID): BI.

Clarke, Steve. 2009. E-Banking Management: Issue, Sollution and Strategies, Terjemahan Oleh Mahmood Shah. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta., Indonesia : Andi.

Dewi Rosa Indah, (2016). Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa.

Esmailpour, Majid, Zadeh, M. B., dan Hoseini, E. H. (2012). The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction: Customers of Boushehr Bank Sepah as a Case Study. Interdisciplinary Jounal of Contemporary Research in Business, Vol 3 No. 9 1149-1159.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15145

Flag Counter   Â