Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit pada Bank Mandiri KCP Kantor Unit Jamika Kota Bandung

Silvia Anggraeni, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap keputusan pengambilan kredit pada Bank Mandiri KCP Kantor Unit Jamika Kota Bandung dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Software analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan bantuan program alat analisis SPSS 16.0. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari variabel literasi keuangan dan faktor demografi sedangkan variabel terikat yaitu variabel keputusan pengambilan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Literasi Keuangan yang terdiri dari keuangan pribadi, saving and borrowing (tabungan dan pinjaman) dan insurance (asuransi) dengan Faktor Demografi yang terdiri dari usia, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan terhadap Keputusan Pengambilan Kredit pada suatu bank. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena penelitian ini menggunakan angka-angka dengan perhitungan statistk dan penelitian bertujuan unutk menguji hipotesis yang di buat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berada posisi angka 76,79% dengan kategori baik, faktor demografi berada pada posisi 62,32% dengan kategori cukup baik. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap keputusan pengambilan kredit sebesar 32,61% dan sisanya 67,39% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal yaitu gaya hidup dan psikologis serta faktor eksternal seperti pengaruh keluarga dan rekan kerja. Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan untuk peneliti selanjutnya meneliti lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan dalam pengambilan kredit.


Keywords


Financial Literacy, Demographic Factors, Credit Making Decission.

Full Text:

PDF

References


Alina Tsalitsa. 2016. Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Pengambilan Kredit pada PT. Columbia Cabang Kudus. Program Studi Manajemen STIE Bank BPD Jateng.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dwi Martani dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta : Salema Empat.

Farida Fajar Hidayati, Budi Rustandi Kartawinata. 2017. Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Proses Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Unit Mantingan, Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Universitas Telkom.

Harli, Felicia Claresta, dkk. 2015. Pengaruh Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi terhadap Perilaku Konsumtif. Finesta, Vol. 3 No. 1, 58-62.

Iswantoro dan Anastasia. 2013. Hubungan demografi, anggota keluarga dan situasi dalam pengambilan keputusan pendanaan pembelian rumah tinggal Surabaya. Jurnal Finesta.

Kuncoro, Ahmad dan Wiranegara, Adithya. 2010. Pengaruh Promosi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Telkom Speedy. Jurnal Manajemen Ikatan Sarjana Ekonomi Volume 1 nomor 2.

Nur Aini, Lili Syafitri. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Keptusan Investasi di Pasar Modal. Jurusan Manajemen STIE Multi Data Palembang.

Rita, M. R & Kusumawati, R. 2010. Pengaruh Variabel Sosiodemografi dan Karakteristik Finansial terhadap Sikap, Norma Subjektif dan Control Perilaku menggunakan Kartu Kredit : Studi pada Pegawai di UKSW Salatiga. 109-128

Sari, M dan Rofaida. R. 2010. Analisis Tingkat Literasi di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Schiffman, Leon G. Leslie, Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa oleh Zoelkifli Kasip. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Suprapto, Edi. 2015. Hutan Rakyat : Aspek Produksi, Ekologi dan Kelembagaan Lembaga Arupa Yogyakarta. AspekProduksi-Ekologi-dan-Kelembagaan.

Tan Yesika Andriani, Idham Cholid, Kardinal. 2017. Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit. STIE Multi Data Palembang.

Ulfatun, Titik. dkk. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. PELITA, Volume XI, Nomor 2, Agustus 2016. Universitas Negeri Yogyakarta.

https://ojk.go.id/

https://www.bankmandiri.co.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15117

Flag Counter   Â