Pengaruh Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, dan Kepemilikan Bank Terhadap Return On Asset dan Non Performing Loan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2013)

Yendi Ferial, Azib Asro'i, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, good corporate governance, dan kepemilikan bank terhadap return on asset dan non performing loan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2011-2013.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan data purposive jugdement sampling menghasilkan sampel sebanyak 51 data dari 17 perusahaan yang terdaftar di BEI. Metode analisis statistik yang digunakan dengan analisis deskriptif dan analisis linier berganda untuk menguji hipotesis.

Hasil pengujian menunjukan bahwa tema lingkungan dan energi, tema ketenagakerjaan, tema produk dan konsumen, tema kemasyarakatan dan umum, dewan komisaris independen, dewan komisaris, dewan direksi, dan concentrated ownership secara simultan berpengaruh terhadap ROA sebesar 41,6% dan NPL sebesar 21,7%. Secara parisal hanya dewan direksi dan concentrated ownership yang berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan, secara parsial semua variabel tidak memiliki pengaruh terhadap NPL.


Keywords


CSR; GCG; Kepemilikan Bank; ROA; NPL

References


Hutahaean, Pesta. 2014. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Industri Perbankan Indonesia terhadap Profitabilitas dan Struktur Permodalan Perusahaan Periode 2010-2012. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

K.N, Wijesinghe & S, Senaratne. Impact of Disclosure of Corporate Social Responsibility on Corporate Financial Performance in Bnak, Finance, and insurance Sector in Sri Lanka. University of Kelaniya & University of Sri Jayewardenepura.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). 2006. Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.

Wahla, Khalil., Ali Shah, Syed., dan Hussain, Zahid. 2012. Impact of Ownership Structure on Firm Performance Evidence from Non-Financial Listed Companies at Karachi Stock Exchange. International Research Journal of Finance anda Economics.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1487

Flag Counter   Â